Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Apa itu Layar Thin Film Transistor Smartphone Android

Apakah anda mengenal jenis layar Thin Film Transistor pada smartphone android anda ? Atau yang anda ketahui hanya layar LCD saja ? Pada dasarnya ada beberapa jenis layar yang digunakan baik pada smartphone maupun layar komputer dan laptop. Thin Film Transistor atau TFT adalah sala satu display layar yang telah digunakan oleh beberapa produk smartphone seperti Samsung, LG, dan l beberapa produk lainya.

Layar TFT memiliki keunggulan pada ketajaman warna, kedalaman warna, serta resolusi yang jauh leih baik dibandingkan dengan layar LCD. Selain itu Layar TFT juga memiliki ketajaman tampilan yang memungkinkan respon sentuhan dengan sangat baik dan cepat bila dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan layar LCD.

Layar TFT atau Thin Film Transistor merupakan sebuah layar dari LCD flat-panel  yang setiap pixelnya dikendalikan oleh satu hingga empat transistor. Layar TFT yang dipasang pada smartphone akan memberikan ketajaman gambar dan warna. Hal ini dikarenakan transisteor yang mengendalikan setiap pixel dari TFT dapat meningkatkan kualitas gambar, contrassm dan addressability pada sebuah smartphone. Layar Thin Film Transistor kini telah banyak digunakan pada beberapa device seperti televisi, komputer monitor, handphone, layar video game, hingga GPS. Hal ini dikarenakan kemampuan yang ditawarkan oleh layar TFT, memungkinkan gerakan pada layar anda terlihat sangat cepat.

 Pada smartphone Android, Layar Thin Film Transistor ini juga telah banyak digunakan. Awalnya layar TFT ini diciptakan dari pengembangan layar LCD dan CRT. Tenologi lama CRT yang kita ketahui tentu sudah sangat kuno dan memiliki bentuk yang sangat besar. Akan tetapi kekuatan layar dan ketajaman layar CRT jauh lebih baik dibandingkan LCD. Karnanya dibuatlah sebuah pengembangan tenologi CRT dengan bentuk yang lebih ramping serta menggabungkan teknologi dari layar LCD hingga terciptalah layar Thin Film Transistor atau TFT. Mengapa Layar TFT memiliki gambar yang lebih tajam dibandingkan layar LCD ? Hal ini dikarenakan transistor yang mengontrol pixel gambar dapat me refresh atau re-painted setiap sepersekian detik.

Meskipun Layar Thin Film Transistor memiliki segudang kelebihan. Teknologi ini juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah boros baterai. Smartphone Android yang menggunakan teknologi layar ini, dinilai lebih boros baterai karena daya yang digunakan terpusat pada kinerja transistor pada layar. Semakin anda tinggikan brightness nya maka semakin boros smartphone android anda. Selain itu layar TFT yang digunakanpada laptop meskipun sangat jarang anda mungkin akan menemui Dead Pixel. Dead Pixel  adalah keadaan dimana beberapa transistor gagal atau rusak dalam memunculkan gambar sehingga menimbulkan titik hitam kecil, merah, putrih, atau biru diatas layar komputer atau smartphone anda.

Updated: April 15, 2016 — 1:06 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme