Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Bagaimana Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

Smarpthone android telah di gunakan hampir oleh semua orang. Hal ini mengingat harga yang di tawarkan bervariasi baik dari kalangan menengah hingga kelas premium. Penggunaan yang kurang bijak dapat mengakibatkan smartphone android Anda menjadi lemot atau lama saat dioperasikan. Hal ini tentu membuat anda merasa jengkel bahkan penat telebih jika anda sedang sangat membutuhkannya. Berikut kami memberikan beberapa tips guna mengatasi lemotnya smartphone android anda.

1. Cek ketersediaan memori smartphone Anda

Anda wajib untuk menge-cek ketersediaan memori smartphone Anda. Memori yang penuh menjadi salah satu alasan mengapa smartphone android anda kinerjanya melambat. Batas minimal memory untuk kinerja Android tanpa hambatan adalah 20 persen. Satu contoh apabila Smartphone Android anda memiliki memori interternal 8GB maka anda harus menyediakan 1GB memori yang tidak terpakai.

Lantas bagaimana bila anda sudah terlanjur mendownload banyak aplikasi sehingga membuat memori anda hampir penuh ? Maka kami sarankan untuk melakukan langkah – langkah berikut :

  • Uninstall aplikasi – aplikasi yang tidak terpakai
  • Bersihkan cache dan junk file dengan masuk ke menu pengaturan, lalu storage, lalu klik ok untuk membersihkan
  • Lakukan backup untuk file – file dengan memori besar seperti musik, foto, gambar. Anda bisa back-up di notebook atau menggunakan layanan cloud.

2. Hindari penggunaan Widget yang Berlebihan

Widget adalah salah satu fasilitis yang memang di sediakan oleh smartphone Android. Beberapa orang menggunakan widget untuk memudahkan akses ke aplikasi yang dituju. Memang benar, akan tetapi penggunaan widget yang terlalu banyak dapat menurunkan kinerja dari smartphone android anda. Maka saran kami gunakann widget secara bijaksana. Pilihlah widget yang paling bermanfaat

3. Hindari Penggunaan Aplikasi Launcher

Tampilan yang menarik dan unik tentu membuat smartphone anda enak untuk dilihat. Hal ini yang mendorong beberapa orang menggunakan aplikasi launcer pada smartphone android mereka. Penggunaan launcer ini memang ditujukan untuk mempercantik dan kustomisasi perangkat sesuai dengan keinginan pengguna. Sayangnya penggunaan launcer dinilai dapat menyebabkan menurunnya kinerja Smartphone Android anda. Ketidaksesuaian Animation Setting yang terdapat pada launcer dapat memakan banyak daya dan kapasitas memori smartphone Anda.

Karnanya kami sarankan untuk menggunakan setting dasar dari smartphone yang anda gunakan. Selain tidak menyebabkan baterai anda boros, Setting dasar dari smartphone anda dapat membuat kinerja smarpthone jauh lebih stabil meskipun lama digunakan.

3. Perhatikan Kapasitas RAM Anda

Anda juga perlu mengecek kapasitas RAM anda. Kapasitas RAM sangat memperngaruhi kinerja dari smartphone android anda. Bagi Anda yang hobi bermain game, maka pilihlah smartphone dengan kapasitas RAM diatas 1,5GB. Anda juga dapat memindah aplikasi – aplikasi yang terinstall pada memori internal ke memori eksternal agar kinerja smartphone Anda terjaga.

4. Restart Smartphone Anda Secara Berkala

Cara ini yang paling mudah. Merestart smartphone dinilai dapat membuat kinerja smarpthone Anda kembali normal. Lakukan restart smartphone secara berkala untuk menjaga kinerja smartphone anda tetap normal.

Bila langkah – langkah diatas telah anda coba, Namun kinerja smartphone android anda tidak mengalami perubahan maka pertimbangkanlah untuk membeli smartphone dengan sistem Android terbaru.

Updated: April 15, 2016 — 11:54 am

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme