Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

BB 9000 cina tidak detect mmc

Pada waktu pesatnya pasaran Blackberry di Indonesia maka ramai pula masuk kloningan Blackberry buatan china ini, walaupun sepintas penampakannya mirip tetapi kalau dilihat agak lama maka mulai ditemu banyak perbedaan. Harap maklum saja karena Blackberry china / replika ini hanya meniru di bagian tampilannya saja yang tentu  saja di bagian operating system dan hardwarenya tentu tidak akan bisa disamakan sama sekali.

Karena banyaknya model Blackberry replika ini di pasaran, maka sudah tentu banyak pula yang masuk ke meja servis dengan beragam kerusakan yang terjadi, mulai dari tidak ngecas, baterai kembung karena short alias konslet, dan kerusakan lainnya. Kalau masalah kerusakan di bagian cas dan bagian yang tidak memerlukan penggantian komponen masih enak mengerjakannya terutama bagian software, tetapi kalau seperti ganti lcd pada waktu itu biasanya langsung ditolak karena sparepatnya masih sulit pada waktu itu.

Beruntung kalau sebelumnya pernah membeli ponsel yang mati jadi apabila diperlukan sparepart dan ternyata sama dengan hp mati yang sudah dibeli tadi maka dapat digunakan untuk memperbaiki hp sevisan tadi, jadi memang pada saat itu lagi gencar-gencar juga menampung hp china yang rusak yang mau dijual yang nantinya mau dijadikan sparepart buat memperbaiki hp china yang masuk nantinya.

Nah kembali ke servisan, masuk kali ini Blackberry replika 9000 yang menggunakan chip cpu mtk, sepertinya rata-rata hp cina yang seangkatan ini tidak memiliki filter sama sekali tidak seperti ponsel yang sudah memiliki brand seperti Nokia, Samsung, dan Blackberry. Sebagaimana Nokia, tiap-tiap UI diberikan ic emif filternya jadi apabila terjadi kerusakan tidak langsung menuju ke ic CPU tetapi terhalang ke filternya dahulu sehingga apabila mesti mengganti komponen tidak sampai mengganti cpu nya.

Pada Blackberry 9000 china ini terjadi kerusakan pada slot memori eksternalnya, jadi apabila dipasang mmc tidak akan terbaca sama sekali. Sudah dikerjakan perbaikan standar seperti membersihkan konektor slot memorinya ternyata tidak membuahkan hasil sama sekali.

Dan untuk mencari ic filter memorinya tidak ada, berarti fungsinya langsung menuju cpu, dan satu lagi kelemahan ponsel china pada saat itu sepertinya timah BGA yang digunakan untuk memasang ic terutama ic cpunya kualitasnya kurang baik. Buktinya apabila terjadi kerusakan hardware maka kalau kita rehot atau blower ic cpunya maka kerusakan itu akan selesai.

Terkadang setelah lama konsumen akan kembali lagi dan komplain, tetapi apabila kita ganti timah kaki BGA ic cpu tadi biasanya akan tahan lama. Yang ini membuktikan kurang baiknya timah yang digunakan saat itu, sedangkan untuk ic nya sendiri dianggap baik karena walaupun diblower dengan panas yang agak tinggi pada saat proses penggantian maka tidak akan terjadi kerusakan.

Diketahui      : BB cina 9000

Ditanya         : Dipasang kartu micro sd tidak detect?

Penyelesaian :

  • Bersihkan bagian konektor mmc, masih tidak bisa
  • Ganti kapasitor dan resistor di sekitar konektor mmc, bisa tapi kumat kembali
  • Rehot ic MTK, langsung detect
  • Test seharian  tidak ada masalah
  • Selesai

Demikianlah cerita tentang memperbaiki Blackberry 9000 replika buatan china dengan chip cpu MTK yang rusak di bagian tidak dapat membaca kartu memori.

Updated: April 10, 2016 — 10:19 am

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme