Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Blackberry 9000 trackball tidak lancar

Kejadian ini sudah lama sekali pada saat artikel ini ditulis dimana pada waktu itu sparepart untuk mengganti trackball Blackberry ini masih mahal dan juga belum ada toko sparepart hp yang grosiran lengkap di kota, sehingga seringkali dilakukan servis pada trackball tersebut dengan membongkar keseluruhan dari perangkat trackball ini.

Ternyata di dalamnya terdapat semacam stick kecil dengan magnet d i ujungnya yang berjumlah 4 biji, dan tentunya bola trackball. Penyebab utama dari macetnya trackball ini karena terdapat kotoran yang melekat di dalamnya sehingga pada waktu itu dibersihkan menggunakan sikat dan tiner grade A kemudian dirakit kembali dan akhirnya bisa berjalan lagi.

Nah pada waktu kejadian ini kebetulan sparepartnya masih ada jadi tinggal diganti saja, kalau sekarang sudah jarang yang menggunakan trackball mungkin karena seringnya masuk kotoran ke dalam trackball tersebut karena sering digulir dengan jari sehingga kotoran ikut masuk.

Dapat dimaklumi kalau sekarang sudah ada penggantinya yaitu trackpad, sehingga pada saat menggunakan trackpad ini jari hanya menyentuh bagian permukaan sehingga tidak ada kotoran yang bisa masuk ke dalam komponen ponsel.

Diketahui     : Blackberry 9000

Ditanya        : Trackball tidak lancar ?

Penyelesaian :

  • Bongkar pcb dan cek bagian modul trackball
  • Ganti dengan  trackball baru
  • Selesai

Demikianlah cara mengatasi Blackberry 9000 yang rusak dibagian trackball semoga bermanfaat.

Updated: April 10, 2016 — 9:46 am

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme