Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Cara Hard Reset Android

Cara Hard Reset Android merupakan sebuah kegiatan reset ulang yang tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan kondisi ponsel seperti saat pertama kali membeli. Hard reset atau yang biasa dikenal dengan sebutan factory reset ini baru dilakukan jika pada smartphone sudah muncul beragam masalah, seperti lupa pola kunci, tombol pada ponsel yang tidak dapat berfungsi, dan masih banyak masalah lainnya yang muncul pada smartphone Android.

Seperti yang anda tahu, bahwa setiap masalah tentu ada faktor penyebabnya. Sama halnya dengan smartphone yang tiba-tiba muncul masalah ini, tentu dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya smartphone yang sudah lama menyimpan tumpukan junk file maupun cache, terlalu sering bermain game yang kualitasnya High Definition (HD), serta masih ada lagi faktor penyebab lainnya. Tentu saat smartphone Android sudah kedatangan banyak masalah, tentu anda tidak akan nyaman saat menggunakan smartphone tersebut.

Bahkan masalah tersebut akan dapat mengganggu segala aktivitas anda yang sangat kerap menggunakan ponsel sebagai media utamanya. Timbulnya masalah ini harus segera diatasi, karena jika tidak maka akan dapat memicu terjadinya error pada bagian software, bahkan tak menutup kemungkinan juga masalah tersebut juga menjadi pemicu utama dari terjadinya kerusakan hardware. Oleh karena itu anda harus mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Nah salah satu solusi terbaiknya adalah dengan cara hard reset Android.

Saat ponsel Andorid dilakukan hard reset, maka semua data yang tersimpan pada memori internal akan terhapus. Oleh karena itu, wajib hukumnya jika sebelum melakukan reset ulang, andsa perlu melakukan backup data terlebih dahulu ke SDCard. Dengan begitu, data anda akan aman dan tidak terhapus. Cara hard reset android bisa dibilang mudah, sehingga siapapun dijamin dapat melakukannya sendiri.

Untuk cara hard reset Android dapat anda simak pada langkah-langkah di bawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah daya baterai minimal harus 70%
  2. Selanjutnya matikan ponsel Android yang anda miliki
  3. Langkah selanjutnya adalah menekan dan tahan secara bersamaan tombol power + tombol Volume Up (+) + tombol home selama beberapa detik
  4. Pilih menu factory reset/wipe data. Untuk memilihnya anda dapat menggunakan tombol Volume Up (+)
  5. Selanjutnya untuk memulai proses reset, anda perlu menekan tombol Home
  6. Kemudian tunggu prosesnya sampai selesai selama beberapa menit
  7. Langkah terakhir pilih menu Reboot System Now. Jika berhasil, maka ponsel Android akan masuk ke dalam layar utama.

Namun perlu diingat bahwa setiap jenis ponsel Android berbeda-beda caranya untuk masuk ke Recovery Mode tergantung dari merk maupun tipe dari ponsel Androidnya. Perlu anda ketahui juga bahwa untuk masuk ke menu Recovery Mode kondisi ponsel harus mati.

Updated: April 9, 2016 — 3:02 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme