Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Cara Membuat Status Bar Transparan Pada Android

Cara Membuat Status Bar Transparan Pada Android – Pernahkah anda ingin membuat tampilan Android anda menjadi unik sehingga terlihat beda? Apakah anda pernah merasa penasaran melihat status bar yang ada di Android teman anda terlihat transparan? Hmm, tentu bagi anda yang belum tahu caranya, pasti akan merasa sangat heran dan penasaran. Meski status bar yang transparan bukan termasuk dalam kategori modding yang bisa meningkatkan performa Android, namun membuat status bar transparan pada Android bisa anda gunakan untuk ajang gaya ke sesame teman anda.

Cara membuat status bar transparan pada Android sebenarnya bukan hal yang sulit, anda hanya membutuhkan sedikit ketelitian, kesabaran, dan bantuan beberapa aplikasi yang bisa anda dapatkan secara mudah di internet. Bahkan untuk membuat status bar transparan, anda tidak membutuhkan keahlian khusus dalam mengotak-atik system. Anda juga tak harus melakukanya secara manual dengan melakukan edite build.prop atau decompile dan re-complie apk yang memiliki resiko cukup besar.

Mengubah status bar pada android anda menjadi transparan.

Untuk tutorial kali ini, saya akan mengajak anda untuk mencoba melakukan modding sendiri agar status bar di Android anda tampak transparan. Bukan hanya transparan, bahkan anda bisa mengubahnya sesuai dengan warna yang anda sukai. Bisa hijau, biru, atau bahkan pink. Cara membuat status bar transparan pada Android yang saya berikan ini, sangat sederhana sekali. Namun meski begitu, saya selalu menyarankan agar anda melakukan backup terlebih dahulu untuk jaga-jaga. Dan pastikan HH anda sudah memiliki akses root. Nah, bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba, silahkan ikuti tutorial yang saya berikan di bawah ini.

Cara Membuat Status bar Transparan Pada Android

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kita tidak akan menyentuh bagian system sama sekali. Kita akan melakukanya dengan bantuan beberapa aplikasi, sehingga kita tak harus melakukan cara manual melalui file build.prop. apakah cara ini aman? Menurut pengalaman, cara ini cukup aman ketika dicoba pada beberapa jenis device. Dan hasil akhirnya juga cukup sesuai harapan. Namun jika ternyata cara ini gagal di HH anda, berarti cara ini tidak bisa diterapkan di HH anda. Namun cara ini cukup ampuh ketika diterapkan di device produkan China atau local. Dari pada penasaran, kenapa tidak anda coba saja langsung? Ingat..!! Lakukan backup terlebih dahulu..!!

  1. Silahkan download dahulu aplikasi yang bernama Exposed Installer, install aplikasinya lalu silahkan buka.
  2. Pada menu Exposed Installer, silahkan pilih Framework -> Install/Update.
  3. Setelah selesai, silahkan reboot HH annda.
  4. Download aplikasi Exposed tweakbox, bisa anda cari di internet. Lalu install di memori internal.
  5. Setelah itu, silahkan buka lagi aplikasi Exposed Installer, lalu pilih pada bagian “Module”. Cari dan centang “Exposed Tweakbox”.
  6. Masuk ke aplikasi Exposed tweakbox, pilih menu “status bar”.
  7. Centang pada bagian “Background Color”. Sekarang, silahkan pilih warna yang anda inginkan. Jika ingin warna transparan, silahkan sesuaikan warna lalu geser hingga pinggir paling kanan yang warnanya menjadi gambar kotak-kotak. Jika ingin warna lain, silahkan pilih saja sesuai warna yang sudah disediakan.
  8. Selesai. Silahkan anda reboot Android andasekarang. Dan lihat hasilnya.

Cara membuat status bar transparan pada Android pada tutorial ini, sama sekali tidak membutuhkan keahlian khusus. Yang anda butuhkan hanya ketelitian dan kehati-hatian. Dan jika anda mengalami error setelah menerapkan cara ini, silahkan anda perbaikai dengan melakukan restore dari backup yang sudah anda buat. Perhatian..!! Modding adalah sebuah trik yang memiliki banyak resiko. Oleh karena itu, saya tidak bertanggung jawab jika HH anda mengalami error karena melakukan modding seperti yang saya jelaskan. Jika anda ragu, sebaiknya jangan lakukan. Semoga bermanfa’at dan semoga berhasil.

Updated: April 15, 2016 — 1:04 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme