Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Cara Memperbaiki Android Samsung yang Mati Total

Cara Memperbaiki Android Samsung yang Mati Total – Memiliki smartphone bermerk tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Semaki terlihat lebih berkelas, biasanya smartphone merk terkenal juga memiliki jaminan kualitas. Baik dari segi kinerja hingga daya tahan  yang terjamin. Salah satu smartphone ternama yang banyak disukai adalah merk Samsung. Vendor Samsung sendiri memang termasuk vedor senior yang cukup kreatif dalam menjaring konsumen. Bahkan vendor ini selalu bisa menghadirkan produk-produk baru dengan berbagai fitur yang menarik.

Namun, kelemahan dari smartphone merk Samsung sendiri adalah, langkah yang sedikit rumit untuk melakukan flash jika sewaktu-waktu smartphone error. Berbeda dengan smartphone keluaran China atau smartphone lain yang mengusung chipset jenis MediaTek yang menggunakan Sp Flash Tools untuk melakukan flashing, Samsung sendiri memiliki software khusus yang bernama ODIN. Bedanya, jika di SP Flash Tools smartphone masih bisa diflash meski dalam keadaan mati tanpa baterai, untuk Samsung sendiri harus melalui download mode agar bisa diflash. Sedangkan untuk bisa masuk download mode, tentu smartphone kita harus bisa hidup. Lalu, bagaimana jika smartphone Samsung yang kita miliki mati total atau istilahnya hard brick?

Apabila android anda dengan merk Android mati total maka bisa baca di sini.

Nah, itulah letak permasalahanya. Ketika hp Samsung kita mati total, maka kita harus mencari cara agar hp tersebut bisa hidup dan masuk ke download mode. Jika hp Samsung anda mengalami mati total atau hard brick, mungkin ada beberapa cara yang bisa anda coba. Dari cara paling mudah hingga cara terakhir jika memang sudah parah. Dan bagi anda yang sedang mencari info tentang cara memperbaikai android Samsung yang mati total, mungkin cara-cara berikut ini bisa anda coba.

Cara Memperbaiki Android Samsung yang Mati total

Copot Baterai Selama 10 Menit

Cara pertama yang bisa anda coba adalah melepas baterai, memori card, serta kartu SIM dari hp Samsung anda. lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu coba pasang hanya baterai anda., lalu coba nyalakan. Jika berhasil, langsung masuk saja ke download mode untuk melakukan flash.

Gunakan bantuan Komputer

Jika cara pertama gagal, maka silahkan coba cara berikutnya. Copot semua dari android anda. mulai dari baterai, memori card, hingga SIM card. Lalu sambungkan smartphone anda ke computer menggunakan kabel USB. Kemudian tekan dan tahan tombol volume “Up”, “Down”, dan “Power”. Tahan hingga terdengar bunyi “bip” pada computer. Atau jika tidak ada suara, tahan hingga kurang lebih 5 menit. Lalu silahkan copot USB, masukan baterai. Dan silahkan coba masuk ke download mode.

Menggunakan Bantuan software

Jika masih gagal, anda bisa mencoba menggunakan bantuan software yang bernama One-cclick unbrick Tools. Sudah banyak yang share tutorial dan juga softwarenya di internet. Anda bisa mencoba browsing dan mendownloadnya secara gratis.

Istirahatkan Selama 3 Hari

Jika menggunakan software masih juga gagal, anda bisa mencoba istirahatkan smartphone anda selama 2-3 hari. Copot baterai, SIM card, dan juga micro SD, lalu biarkan kurang lebih 2-3 hari. Setelah itu, coba pasang baterai (hanya baterai), lalu masuk ke download mode. Jika berhasil, segera lakukan flashing.

Bawa ke Service Center

Nah, jika masih gagal juga namun anda masih memiliki kartu garansi, silahkan langsung bawa saja ke service center Samsung. Biasanya smartphone anda akan diperbaiki dengan mengganti komponen yang rusak dan membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu hingga smartphone tersebut bisa anda ambil kembali. Jika kartu garansi anda hilang, maka terpaksa anda harus membawanya ke tukang service. Biasanya akan diperbaiki menggunakan alat yang bernama JTAGG. Nanti system akan langsung di install melalui kabel yang disambungkan ke EMMC, dan tidak lagi melalui jalur USB. Waktu yang dibutuhkan juga cukup lama. Untuk melakukan flash menggunakan metode JTAGG, dibutuhkan waktu sekitar 15 jam. Oleh karena itu ongkosnya juga lumayan mahal.

Nah, itulah beberapa cara memperbaikai Android Samsung yang mati total. Beberapa cara sederhana terkadang sudah mampu mengatasi android Samsung yang mati total. Namun ada juga yang tidak mempan dan harus menggunakan jasa service seperti Android saya Samsung Galaxy win Pro. Semoga bermanfa’at dan selamat mencoba.

Updated: April 8, 2016 — 5:47 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

6 Comments

Add a Comment
  1. ada link untuk softwarenya tidak gan? Hp saya mati total, dan tidak terbaca di komputer

    1. Itu di akhir paragraf ada mas Ryan, Solusi Android mati total hardware. Dicoba saja.

  2. work gan… thanks banget infonya..

    1. Wow selamat ya mas nyoman

  3. Gan tab samsung saya mati ga bisa di cas dan baterainya baterai tanam, itu kerusakannya bisa diatasi pake cara agan yg terangin ga ?

  4. Iya gan, kalau baterai tanam harus dilepas dulu dengan solder baru dipasang ke power supply atau desktop charger.
    Terisi sedikit sudah cukup pasang lagi dan cas seperti biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme