Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Cara Menambah RAM Android Tanpa PC Mudah

Smartphone merupakan salah satu media komunikasi yang kini banyak digunakan oleh orang. Bentuk dari smartphone sendiri juga lebih kecil jika dibandingkan dengan laptop ataupun PC Desktop. Yang menjadi masalah dari kedua produk teknologi ini adalah dari cara pembongkarannya. Meski memiliki bentuk yang kecil, ternyata pembongkaran smartphone lebih ribet dibandingkan pembongkaran laptop atau PC. Hal ini tentu menjadi masalah besar bagi pengguna smartphone Android yang ingin menambah maupun mengurangi kapasitas memori atau RAM, misal Anda ingin menambah kapasitas RAM yang awalnya hanya 512 MB menjadi 1 GB.

Baca : Cara Mendaftar di Instagram

Setiap vendor tentu sudah mempertimbangkan dan menyesuaikan pembenaman spesifikasinya. Nantinya pertimbangan spesifikasi tersebut akan berpengaruh pada smartphone rancangannya. Khusus bagi Anda yang telah membeli smartphone Android tidak perlu menyesal, karena masih ada cara menambah RAM Android. Tentu cara tersebut dapat Anda terapkan guna menambah kapsitas dari RAM.

Tutorial Cara Menambah RAM Android

Cara menambah RAM Andorid dapat dilakukan dengan melalui beragam metode, diantaranya Swap File, Swap Partition, atau ZRAM. Cara menambah RAM Android ini biasanya dikenal dengan sebutan virtual memory yang memiliki fungsi utama sebagai RAM tambahan yang nantinya akan membantu kinerja dari memori internal. Swap File merupakan salah satu metode yang dapat dipilih. Metode ini cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan sisa penyimpanan yang free, kegunaan utamanya adalah untuk mempercepat kinerja Android yang sebelumnya sangat lambat. Penambahan kapasitas RAM juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang tersedia gratis di Play Store, seperti Swapper for Root atau RAM Manager Pro.

Namun dari banyak kasus menunjukkan bahwa Swapper for Root lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan RAM Manager Pro. Aplikasi ini merupakan dapat dikatakan sebagai salah satu cara menambah RAM Android  yang sangat mudah dan efisien. Di bawah ini adalah langkah-langkah dari penggunaan aplikasi Swapper for Root untuk menambah kapasitas RAM :

  1. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan smartphone Android sudah di root. Jika smartphone belum di root, maka Anda tidak dapat lanjut ke langkah berikutnya.
  2. Setelah Android dalam posisi root, maka langkah selanjutnya adalah menginstal Swapper for Root ke smartphone.
  3. Lalu buka aplikasi Swapper for Root
  4. Pilih option Active Swap on Boot
  5. Pilih juga SD Card FAT partition pada bagian Swap File Partition
  6. Kemudian isi jumlah kapasitas yang diingkan. Namun perlu diingat bahwa kapasitas Swap File sangat bergantung dengan sisa penyimpanan eksternal. Setelah yakin, pilih Save
  7. Tunggu hingga Swap File berhasil dibuat
  8. Langkah terakhir adalah reboot smartphone Android.

Baca : Menambah Kecepatan Android dengan Virtual RAM

Satu hal yang perlu diingat adalah cara menambah RAM Android ini memiliki resiko yang tinggi, karena penggunaan virtual memory didapat dari kapasitas sisa penyimpanan eksternal, Hal tersebut akan dpaat mengurangi usia dari SDCard, karena penggunannya berlangsung secara terus menerus.

Updated: April 20, 2016 — 10:38 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme