Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Terkena Air

Anda sedang panik karena smartphone anda terkena tumpahan air ? Anda harus segera menggunakan cara mengatasi smartphone android yang terkena air ini agar smartphone anda tidak mengalami kerusakan yang parah akibat air. Setiap peralatan elektronik memang tidak didesain untuk tahan air terlebih air. Air menjadi pantangan tersendiri bagi perlatan elektronik karena air dapat merusak rangkaian elektronik yang menjadikan barang tersebut kongslet dan rusak. Begitu pula dengan smartphone.

Beberapa smartphone memang dilengkapi dengan teknologi tahan air dan debu seperti Sony Xperia Z dan Samsung Galaxy S5. Kemampuan IP67 Certified – dust and water resistant pada Samsung Galaxy S5 memungkinkan smartphonne ini dapat digunakan untuk menyelam dan berenang tanpa khawatir rusak. Andapun dapat menggunakan fitur kamera dengan baik meski berada dibawah air. Tapi sayangnya fitur ini tidak ada pada semua jenis smartphone.

Air adalah masalah besar bagi smartphone yang tidak memiliki kemampuan layaknya Samsung Galaxy S5 atau Xperia Z. Air dapat mengakibatkan beberapa komponen konslet dan tidak bisa digunakan. Tumpahan air dapat menyebabkan speaker tidak berfungsi, tombol volume tidak berfungsi, bahkan lebih parahnya smartphone anda mati. Anda tentu panik ketika smartphone kesayangan anda tercebur kedalam air atau ketumpahan minuman. Tetapi tenang anda tidak perlu panik, ada cara mengatasi smartphone android yang terkena air yang dapat anda lakukan. Lankah langkahnya sebagai berikut.

  1. Sesaat setelah smartphone anda tertumpahan minuman segera lepas dan cabut baterai dari smartphone anda. Hal ini dilakukan untuk mematikan power yang mengaliri rangkaian listrik, sehingga meminimalisir konslet
  2. Anda juga disarankan melepas aksesoris lainya seperti kartu memori dan kartu sim
  3. Bila anda mampu atau memungkinkan, bongkar dan lepas juga casing HP serta baut dan pcb smartphone. Tetapi bila anda tidak bisa cukup sampai di langkah yang kedua
  4. Tiup dengan sekencang – kencangnya pada bagian pcb Smartpone anda. Hal ini dilakukan agar air yang menempel pada kaki – kaki IC dan rangkaian elektro lainya segera keluar dan tidak mengendap pada rangkaian.
  5. Selanjutnya keringkan PCB smartpohne / Smartphone anda pada area yang panas, bila tidak memungkinkan gunakan hairdryer untuk mengeringkan smartphone anda. Disarankan agar tidak terlalu dekat saat menggunakan hairdryer. Hal ini dikarenakan panas hairdryer dapat melelehkan timah pada rangkaian PCB
  6. Apabila anda membongkar hingga PCB disarankan untuk tidak menjemur pada sinar matahari langsung. Kecuali jika anda tidak membongkar smartphone anda.
  7. Cas baterai hingga penuh, meskipun anda meyakini ponsel anda sudah kering, tapi alangkah baiknya jika tidak langsung digunakan melainkan dibiarkan terlebih dahulu agar dipastikan benar-benar kering.
  8. Setelah baterai penuh, barulah kembali pasang PCB, casing, kartu memori, kartu sim dan baterai lalu coba hidupkan.

Baca : Solusi HP Terendam Air

Cara mengatasi smartphone android yang terkena air diatas dapat anda praktekan  ketika smartphone anda dengant tidak sengaja tertumpahan air atau terkena hujan, apabila cara mengatasi smartphone android yang terkena air diatas tidak berhasil, sangat disarankan untuk dibawa ke ahli service ponsel agar dapat diperbaiki. Semoga bermanfaat.

Updated: April 17, 2016 — 1:16 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme