Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Cara Mudah Membuat Partisi Link2sd

Cara Mudah Membuat Partisi Link2sd – Android adalah salah satu system operasi yang memiliki berbagai fitur yang cukup canggih. Bahkan kini sudah tersedia ribuan aplikasi yang siap diinstall untuk memaksimalkan kinerja android kita. Namun sebagaimana fitur canggih yang dimiliki, kebanyakan aplikasi android juga memiliki ukuran yang cukup besar. Mulai dari ukuran MB hingga ukuran GB, biasanya game-game dengan definisi tinggi memiliki ukuran hingga 1GB. Tentunya, masalah penyimpanan akan cukup penting fungsinya untuk bisa menginstall file berukuran besar. Lalu, bagaimana jika kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh HH kita terbilang minim?

Maka disinilah peran aplikasi Link2sd akan sangat penting. Saperti HH saya sendiri hanya menyediakan memori internal sebesar 245MB sebagai tempat instalasi aplikasi. Alhasil, tak banyak aplikasi yang bisa saya install di HH saya. Bahkan sering kali proses instalasi aplikasi yang saya download dari play store gagal hanya karena ruang internal tidak cukup. Karena masalah tersebut, akhirnya saya putuskan untuk install aplikasi Link2sd. Dan hasilnya, sekarang saya bisa menikmati banyak aplikasi dan kinerja HH saya juga tidak lemot karena internal memori saya masih cukup longgar.

Sekedar catatan, internal memori yang saya maksut disini bukanlah ROM yang biasanya digunakan untuk menyimpan file baik musik, video, foto, atau file lain. Malainkan ruang yang disediakan system sebagai ruang default ketika kita menginstall aplikasi. Maka ketika kita install aplikasi, secara otomatis internal memori ini yang akan digunakan.

Tutorial untuk menggunakan link2sd pada android anda.

Fungsi dari Link2SD

Lalu, apa fungsi dari Link2sd? Aplikasi ini sebenarnya memiliki banyak sekali fungsi yang bisa digunakan. Namun fungsi defaultnya adalah untuk membuat ”link” dari aplikasi yang diinstall di memori internal, agar bisa dipindah ke memori ekternal. Jadi dengan cara ini, ruang internal memori kita akan lebih longgar. Anda bisa melink file cache, obb, apk, dan untuk versi berbayar anda bisa juga membuat link file Data sebuah aplikasi.

Namun untuk anda yang masih pertama kali menggunakan link2sd, tentu akan bingung kenapa link yang anda lakukan gagal. Masalahnya adalah, anda membutuhkan ”ruang husus” pada memori eksternal anda sebagai tempat link. Atau biasa disebut dengan partisi kedua. Apa gunanya? Gunanya adalah sebagai tempat cache, apk, data, serta file obb yang anda link agar tidak bercampur dengan file lain seperti lagu, foto, video, dan lain sebagainya. Jika untuk penyimpanan file video, foto, musik dan lain sebagainya memiliki format FAT32, maka untuk partisi kedua harus menggunakan format ext2, ext3, atau ext4. Lalu, bagaimana cara membuat partisi kedua ini?

Cara Membuat Partisi pada Android

Sebenarnya, cara membuat partisi ini cukup mudah, anda bisa melakukanya langsung dari smartphone android anda dengan menggunakan aplikasi Android Partition Tool yang bisa anda download langsung via google play. Sekedar catatan, HH anda harus sudah di root agar aplikasi ini bisa bekerja.

Setelah anda download, langsung buka aplikasinya. Jika aplikasi meminta akses root, maka izinkan. Catatan penting, pastikan anda menggunakan memori baru atau menggunakan memori yang kosong. Karena ketika melakukan partisi, semua data dan file yang ada di dalam memori eksternal akan hilang karena proses partisi akan melakukan format pada memori eksternal.

Ketika aplikasi terbuka, anda akan melihat menu add yang memilki gambar “+”, gunanya untuk membuat partisi baru, tekan saja. Lalu akan ada gambar seberapa besar ruang partisi yang akan anda buat. Semua tergantung dari kapasitas memori eksternal anda, maka saya sarankan gunakan memori dengan kapasitas minimal 4GB.

Anda bebas membuat partisi sebesar yang anda mau, namun saya sarankan cukup sekitar 1GB atau 2GB saja. Lalu akan ada pilihan format apa yang ingin anda gunakan pada partisi, pilih saja ext2. Lalu tekan “creat”. Nanti akan ada pesan anda disuruh untuk menon-aktifkan penyimpanan eksternal terlebih dulu untuk bisa membuat partisi. Cukup minimize aplikasi Android partition tool dengan menekan tombol menu langsung, jangan di ”exit”. Lalu masuk ke menu setting, penyimpanan, dan tekan pada ”Lepas kartu SD”.

Setelah itu, buka lagi aplikasi Android partition tool yang anda minimize, lalu lanjutkan langkah yang tertunda tadi dengan menekan menu ”creat”. Tunggu hingga proses selesai. Sekedar info, terkadang proses ini gagal dalam beberapa jenis HH seperti pengalaman pribadi saya, maka anda dapat mengulang langkah-langkah di atas hingga berhasil. Setelah anda berhasil membuat partisi, keluar dari aplikasi Android partition tool, lalu buka aplikasi Link2sd. Ketika anda baru saja membuka Link2sd, biasanya akan muncul pesan yang menyarankan untuk menginstall script, setujui saja dan pilih jenis partisi ext2 yang tadi anda buat. Dan tunggu proses hingga selesai.

Setelah proses pemasangan script sukses, anda akan diminta untuk melakukan reboot, maka reboot HH anda. Nah, selamat..!! Kini aplikasi Link2sd sudah berfungsi dan bisa anda gunakan untuk melink aplikasi atau game yang anda inginkan. Dalam versi gratisnya, beberapa fiturnya telah dibatasi, sehingga terasa kurang maksimal. Full fitur baru dapat anda nikmati pada aplikasi Link2sd Plus, yaitu versi premium dari Link2sd. Tentunya anda harus membayar untuk mendapatkanya di google play. Namun jika anda termasuk user dengan ”dompet tipis” dan suka gratisan, anda bisa mendapatkan Link2sd Plus secara gratis dengan melakukan patcher. Mungkin akan saya jelaskan pada artikel yang lain tentang cara mendapat Link2sd Plus gratis. Semoga info kali ini cukup bermaanfa’at.

Updated: April 15, 2016 — 12:44 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme