Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Cara Mudah Push Aplikasi ke System Android Secara Manual

Cara Mudah Push Aplikasi ke System Android Secara Manual – Bagi user yang sudah terbiasa dengan oprek android, melakukan push aplikasi ke system mungkin bukan lagi menjadi hal baru. Push aplikasi ke system adalah langkah dimana kita memasukan aplikasi pihak ke tiga, menjadi aplikasi system pada android. Sehingga ketika kita melakukan factory reset, maka aplikasi yang dimasukan dalam aplikasi system tidak ikut terhapus. Dan lagi, cara ini juga bisa digunakan untuk mengamankan sebuah aplikasi yang dianggap penting agar tidak mudah terhapus secara tidak sengaja.

Untuk melakukan push aplikasi ke system, sebenarnya ada  beberapa cara. Ada yang menggunakan fitur aplikasi pihak ketiga seperti Link2SD, atau bisa juga dilakukan secara manual lewat Root explore. Tapi manapun cara yang anda pilih, keduanya membutuhkan akses root agar bisa dilakukan. Maka sebelumnya, anda harus sudah melakukan root pada HH anda terlebih dahulu. Untuk tutorial kali ini, saya akan mencoba mengajak anda untuk melakukan push aplikasi ke system secara manual dengan menggunakan Root Explore. Untuk langkahnya, silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

Cara untuk melakukan push aplikasi ke system android

Cara Mudah Push Aplikasi ke System Android Secara Manual

Biasanya cara ini digunakan untuk mengamankan sebuah aplikasi agar tidak mudah terhapus atau agar aplikasi tidak hilang ketika melakukan factory reset. Karena aplikasi tersebut akan terbaca sebagai aplikasi bawaan system, dan bukan lagi aplikasi pihak ke tiga. Untuk tutorial kali ini, kita akan mencoba memasukan aplikasi Nova Launcher ke dalam aplikasi system. Nova adalah sebuah aplikasi launcher yang sudah cukup dikenal dengan banyak sekali pengguna. Selain launcher ini cukup ringan, fiturnya juga tidak membosankan. Cocok sekali untuk mengganti launcher bawaan ketika anda sudah merasa bosa. Untuk tata caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan HH anda sudah dalam keadaan root dan anda sudah menginstall aplikasi root explore. Siapkan juga file Nova Launcher yang berupa APK yang akan anda push ke aplikasi system nantinya.
  2. Setelah itu buka aplikasi Root Explore, lalu cari file Nova.apk yang anda miliki. Setelah itu sentuh dan tahan pada file tersebut hingga muncul jendela pilihan. Lalu silahkan pilih “copy”.
  3. Step selanjutnya, silahkan masuk ke direktory root/akar. Lalu masuk ke folder system -> App, lalu pilih “Copy Here” untuk menaruh file yang tadi anda copy ke folder System -> App.
  4. Jika muncul jendela peringatan untuk meminta akses root atau pesan warning, maka pilih saja OK.
  5. Setelah itu, ubahlah perizinan aplikasi tersebut. Caranya, sentuh dan tahan aplikasi Nova.apk yang tadi anda “Paste” di folder System -> App. Nanti akan muncul jendela pilihan, silahkan pilih “Permission”.
  6. Silahkan atur permission dengan mencentang semua pilihan di bawah menu “Read”, dan centang pilihan paling atas di bawah menu “Write”, selainya biarkan kosong. Dan pastikan pada bagian bawah kamu set pada permission “rw-r- -r”(tepat di atas tombol OK), setelah itu konfirmasi dengan menekan tombol OK.
  7. Pada langkah ini, semua sudah selesai. Sekarang silahkan lakukan reboot pada HH anda. Dan setelah anda melakukan reboot, maka anda akan menemukan aplikasi yang tadi anda Push ke System kini sudah terinstall di HH anda.

Bagaimana, Cara Mudah Push Aplikasi ke System Android Secara Manual ini cukup sederhana bukan? Tapi ingat, setiap hal yang berurusan dengan system, bisa menimbulkan masalah tak terduga. Oleh karena itu sebelum anda “bermain-main” dengan system, sebaiknya anda melakukan backup untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu HH anda mengalami bootlop. Sehingga anda bisa melakukan restore dari hasil backup anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Ingat, saya tidak menjamin resiko yang mungkin bisa terjadi. Karena bisa jadi tutorial ini tidak berjalan sama pada semua device android. Untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi, jangan lupa lakukan backup via CWM/TWRP.

Updated: April 15, 2016 — 1:11 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme