Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Dua Cara Pasang Tweak yang Benar

Dua Cara Pasang Tweak yang Benar – Bagi para user Android yang hobi moding, tentu “Tweak” bukan lagi menjadi istilah yang asing. Biasanya, Tweak digunakan untuk meningkatkan performa Android agar kinerja Android kita lebih maksimal. Lalu, apasih sebenarnya Tweak itu? Dan apa pula fungsi Tweak? Bagi user yang masih pemula, pasti pertanyaan ini sering mereka ajukan. Oleh karena itu, saya akan mencoba menjelaskanya secara singkat tentang Tweak dan fungsinya.

Tweak sendiri, biasanya berupa script yang nantinya akan kita masukan ke Build.prop atau folder init.d. Fungsi Tweak sendiri cukup beragam, tergantung dari script yang digunakan. Ada yang fungsinya untuk menambah performa RAM, untuk gamming, untuk multitasking, untuk tampilan agar lebih smooth, dan masih banyak lagi jenisnya. Namun untuk bisa memasang Tweak, maka akses root diperlukan. Oleh karena itu, sebelumnya anda harus sudah melakukan root pada HH anda.

Tutorial pasang tweak yang benar

Dalam melakukan installasi Tweak sendiri, terdapat dua cara yang bisa anda coba. Ada cara manual, dan ada pula cara yang lebih instant dengan menggunakan CWM atau Custom recovery lainya. Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberi tutorial tentang Dua Cara Pasang Tweak yang Benar. Baik secara manual atau via Custom recovery. Untuk tutorial lengkapnya, silahkan simak penjelasan saya di bawah ini.

Cara Pasang Tweak Secara Manual

Biasanya, si pembuat script Tweak sudah memberi tutorial tentang tata cara memasang Tweak yang mereka ciptakan. Namun secara garis besar, anda membutuhkan beberapa aplikasi pendukung agar Tweak yang anda install mampu berjalan sempurna. Perlu saya ingatkan lagi, kondisi HH anda harus sudah dalam keadaan root agar langkah-langkah ini bisa anda terapkan. Setelah itu, silahkan anda ikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama-tama, anda harus install aplikasi Root Explore. Kemudian aplikasi BusyBox, dan yang terakhir aplikasi Universal init.d. Semua aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis di Play Store.
  2. Selanjutnya masuk ke aplikasi BusyBox, lalu aktifkan. Kemudian masuk lagi ke aplikasi Universal init.d, lalu aktifkan.
  3. Langkah berikutnya, buka aplikasi Root Explore. Lalu cari script Tweak yang ingin anda pasang, kemudian copy semua isi script tersebut.
  4. Masih di aplikasi Root Explore, silahkan menuju direktori Root, lalu masuk ke folder System -> etc, dan cari folder yang bernama init.d.
  5. Kemudian pastekan semua script Tweak yang tadi sudah anda copy ke dalam folder init.d dengan cara membuat file script baru.
  6. Setelah itu, silahkan ubah permision dari file script yang telah anda buat dengan cara menyentuh dan menahanya selama beberapa saat. Nanti akan muncul jendela pilihan, dan silahkan pilih “Permision”. Gunakan permision r-w- -rr. Dalam beberapa kasus, permission ini tidak bekerja. Dapat anda ubah lagi menjadi rwxrwxrwx atau rwxr rwxr.
  7. Langkah ini sudah selesai, sekarang silahkan lakukan reboot pada HH anda.

Cara pasang Tweak via Custom recovery

Untuk cara kedua ini cukup mudah, karena anda tak harus melakukan copy script Tweak dan memasangnya secara manual. Biasanya beberapa Tweak sudah diracik oleh si pembuat dan membungkusnya dalam bentuk file zip, sehingga langsung bisa anda install via CWM, TWRP, atau Custom recovery lainya. Caranya juga cukup mudah. Pastikan anda sudah memiliki Tweak yang berupa flash zip. Matikan HH anda lalu masuk ke mode recoveri. Pilih menu install zip from SD Card, lalu pilih file Tweak zip yang anda miliki. Sudah, sekarang lakukan saja install tanpa menggunakan Wipe data.

Bagaimana? Dua Cara Pasang Tweak yang Benar ini cukup mudah bukan? Tapi ingat, biasakan melakukan backup sebelum melakukan modding pada Android anda. Dalam beberapa kasus, ada juga device Android yang mengalami error setelah install Tweak. Untuk jaga-jaga dari resiko tersebut, tak ada salahnya anda selalu melakukan backup sebelum melakukan segala hal yang menyangkut system Android anda. Saya tidak menjamin segala kerusakan yang mungkin ditimbulkan, oleh karena itu.. silahkan pertimbangkan dengan matang segala resiko yang mungkin timbul. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga : Kegunaan dan Tujuan Porting Rom

Updated: April 15, 2016 — 1:11 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme