Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Mau Tau 5 Kerusakan HP

5 jenis kerusakan  yang paling sering terjadi pada hp. Setelah beberapa bulan tidak melakukan update artikel pada blog ini karena lagi mengurus konter baru, alhamdulillah kali ini blog Ponsel Rusak akan membuat artikel tentang 10 besar kerusakan yang sering terjadi pada handphone, smartphone, handheld, alias hp Anda semoga dengan membaca artikel ini akan membuat kita melakukan pencegahan sebelum terjadi hal yang sama beserta solusi apabile sudah terjadi.

Kerusakan ini saya urut berdasarkan hp yang masuk pada konter yang kami kelola. Berikut 5 kerusakan yang sering terjadi pada hp;

  1. Rusak bagian konektor usb. Ini kerusakan urutan pertama yang sering masuk ke meja servis, mulai dari jenis tablet, blackberry, andromax, dan jenis hp lainnya yang konektor usb ini berfungsi juga sebagai konektor charge.
    • Pencegahan, apabila mau melakukan pengecasan jangan terburu-buru memasukkan charger ke konektornya apalagi kalau terbalik masukinnya, hadeh.. bisa-bisa masuk meja servis deh dan teknisi dapet duit. hehehe
    • Solusi, apabila konektor usb sudah rusak ditandai dengan tidak mengecas saat dicolok usb atau kadang masuk kadang tidak, maka satu-satunya jalan dengan mengganti konektor cas ini. Untuk teknisi supaya kuat proses pemasangannya silahkan pasang dengan bantuan blower dengan arah dari bawah konektor usb sehingga timah merekat dengan kuat.
  2. Pecah touchscreen. Tidak kalah dengan kerusakan yang pertama, kerusakan layar sentuh ini juga termasuk yang paling sering masuk ke meja servis. Paling sering karena kelalaian user karena tertekan, jatuh, dan lainnya.
    • Pencegahan, gunakan flip cover untuk hp anda dan hindari dari saku celana.
    • Solusi, kalau sudah rusak mesti diganti dengan layar sentuh yang baru.
  3. Matot alias mati total. Banyak disebabkan karena terjatuh dan juga karena air.
    • Pencegahan, pakai flip cover pada ponsel anda. Pada saat bermotor atau di luar rumah apabila kehujanan cepat-cepat matikan dan cabut baterai dari ponsel anda baru kemudian dibungkus.
    • Solusi, apabila kebasahan silahkan dibenamkan di dalam beras (bukan nasi ya). Kalau masih, silahkan hubungi teknisi hp terdekat.
  4. Lupa kode kunci. Ini akibat kelalaian oleh user juga, bisa karena menggunakan kode yang rumit atau dimainin adiknya sehingaa terkunci permanen. Ini bisa juga terjadi pada ponsel ber OS android yang dibuka dengan menggunakan pola.
    • Pencegahan, gunakan kode yang mudah diingat begitu juga pada ponsel yang menggunakan pola untuk menguncinya harus diingat polanya. Begitu juga dengan akun gmail anda harus diingat beserta dengan passwordnya.
    • Solusi, anda bisa lakukan hard reset sesuai dengan tipe ponsel anda, tetapi kalau hard reset tidak mempan maka harus dilakukan flash ulang dan rooting untuk android.
  5. Rusak fleksibel. Terjadi pada ponsel yang berbentuk flip yang mempunyai dua pcb atas dan bawah yang disatukan dengan fleksibel, apabila fleksibel ini rusak maka akan menyebabkan fungsi pcb atas mengalami gangguan seperti; layar putih, spekaer tidak bunyi, tombol atas tidak berfungsi.
    • Pencegahan, apabila membuka dan menutup flip harus dengan perlahan, dan apabila ingin menaruh ponsel anda maka silahkan ditutup dahulu flipnya.
    • Solusi, apabila sudah rusak maka harus dilakukan penggantian fleksibel dengan yang baru, apabila sulit maka silahkan hubungi teknisi kesayangan anda :).

Demikianlah lima macam kerusakan yang paling sering terjadi pada hp berdasarkan servis yang masuk pada konter yang kami kelola mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Updated: April 9, 2016 — 3:20 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme