Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Mengatasi Android Stuck Setelah Diflash

Mengatasi Android Stuck Setelah Diflash – Pernahkah anda mengalami masalah pada Android anda sehingga harus dilakukan flashing? Tentu kebanyakan dari anda pernah mengalaminya, terutama bagi anda yang gemar modding Android. Biasanya error yang terjadi pada Android bisa disebabkan karena kita bermain-main dengan system, atau melakukan isntallasi aplikasi tertentu, atau bisa juga terjadi tanpa sebab yang jelas. Intinya, error pada Android itu bisa menimpa siapa saja dengan sebab yang beragam.

Tentu saja ketika Android mengalami error seperti bootlop, jalan satu-satunya yang paling mudah untuk dilakukan adalah melakukan restore dari backup via CWM. Itu juga jika anda memiliki backup sebelumnya. Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki backup? Mungkin bisa anda lakukan dengan cara factory reset via CWM, cara ini kemungkinan besar berhasil. Namun bagaimana jika tidak berhasil atau kondisi HH anda masih ori sehingga tidak bisa masuk CWM? Maka jalan satu-satunya adalah dengan cara flash.

Apabila setelah melakukan flashing ulang pada android anda malah error maka baca ini.

Flashing biasanya dilakukan dengan menginstall ulang program/firmware asli bawaan pabrik pada device Android yang bersangkutan. Sehingga semua modding atau error yang terjadi pada system, bisa hilang sampai tuntas. Namun ternyata, tak selamanya proses flashing berjalan lancar. Terkadang hasil yang didapat tidak menyelesaikan apapun. Dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang mengeluh bahwa HH mereka mengalami stuck atau berhenti pada icon logo meski telah di flash. Lalu, apa sebenarnya penyebabnya?

Penyebab  Android Stuck Setelah Diflash

Untuk penyebab pastinya, saya tak berani menebak. Namun jika saya simpulkan dari pengalaman pribadi saya, mungkin penyebabnya sama seperti yang saya alami. Saya pernah melakukan flashing pada device Android China, saya ambil stock rom asli yang saya download dari internet. Saat saya melakukan flashing via SP Flash Tool, semua berjalan lancar tanpa adanya pesan error hingga proses selesai. Setelah proses flashing selesai, saya cabut USB lalu saya pasang baterai dan saya coba nyalakan. Pertama saya merasa gembira, karena Android tersebut mulai ada tanda-tanda kehidupan setelah sekian lama mati suri.

Namun kegembiraan saya tak tahan lama, karena setelah saya tunggu-tunggu, gambar logo yang muncul tak juga hilang. Setelah hampir 10 menit saya biarkan, akhirnya saya yakin bahwa device Android tersebut mengalami stuck sehingga hanya mampu menyala sampai logo. Saya sendiri merasa bingung, kenapa hal ini bisa terjadi? Padahal saya melakukan flashing dengan stock rom asli bawaan pabrik. Mungkinkah ada yang saya lewatkan? Karena penasaran, saya coba mencari tahu. Setelah beberapa lama saya melakukan penyelidikan, akhirnya saya menemukan masalah yang mungkin bisa menjadi penyebab Android stuck setelah diflash.

Cara Mengatasi Android Stuck Setelah Diflash

Setelah saya perhatikan, di SP Flash Tool ada satu bagian yang hilang sehingga kosong. Yaitu pada bagian file cache. Hal tersebut sebenarnya wajar, karena ROM asli seharusnya memang tidak memiliki cache karena ibarat masih baru dan belum pernah terpakai. Sedangkan masalah yang menyebabkan HH saya error, mungkin masih ada hubunganya dengan file cache. Sehingga karena di ROM asli tidak ada file cache, maka Cache pada device Android masih belum bersih dan masih menyimpan cache data system yang lama karena belum tersentuh flash. Karena kesimpulan ini, saya melakukan uji coba. Kali ini saya browsing dan mencari Stock Rom dari backup device lain dengan jenis HH yang sama.

Singkat cerita, saya menemukanya meski membutuhkan sedikit kesabaran. Setelah itu saya coba membuka SP Flash Tool, dan membuka file scater Stock Rom yang tadi saya download. Dan ternyata, semua file lengkap termasuk file cache, lalu saya coba lakukan flashing ulang. Setelah proses flash selesai, saya cabut USB, saya pasang baterai dan saya coba nyalakan. Dan ternyata, Android saya bisa hidup normal kembali sebagaimana sedia kala. Karena ini ROM backup milik orang lain, saya kembali melakukan factory reset via menu setting agar data benar-benar bersih. Dan setelah itu, Android yang stuck tadi berjalan normal seperti setting pabrik semula.

Bagaimana? Apakah kasus saya ini bisa memberi anda inspirasi? Namun, tidak semua kasus yang terjadi sama. Ini hanya menurut pengalaman pribadi saya saja. Bahkan untuk beberapa device Android seperti Samsung misalnya, terjadinya stuck setelah diflash dapat diatasi dengan cara yang sederhana. Yaitu dengan masuk ke recovery dan melakukan factory reset via recovery. Namun ini hanya bekerja untuk beberapa device saja, namun tak ada salahnya anda mencoba. Semoga berhasil.

Updated: April 15, 2016 — 1:11 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme