Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Nokia 6600 keypad tidak jalan sebagian

Nokia 6600 di masanya merupakan ponsel symbian yang sangat digemari terutama di Indonesia, yang mana pada saat keluarnya Nokia merk ini dan dipasarkan di Indonesia ternyata banyak sekali penggunanya. Hal ini karena bentuknya yang unik dibandingkan dengan ponsel-ponsel terdahulu, terutama sangat kentara sekali pada bagian tombol keypadnya yang dilengkapi dengan joystik dengan bentuk yang enak digenggam.

Dan sebagaimana dengan ponsel-ponsel terdahulu yang tidak luput dari kerusakan baik software maupun hardware, begitu pula dengan produk Nokia 6600 ini salah satu kerusakan yang paling banyak ditangani yaitu di bagian keypadnya. Ada yang tidak jalan sama sekali semua tombolnya, ada yang joystiknya tidak bisa digunakan, ada yang sebagian keypad saja yang tidak bisa dipencet.

Nokia 6600 pada keypadnya menggunakan fleksibel yang terpisak dari mesin papan pcbnya, sehingga apabila terjadi kerusakan pada keypadnya kita dapat melakukan proses penggantian fleksibel keypad ini. Begitu pula apabila terjadi kerusakan pada joystiknya dapat pula kita lakukan penggantian, karena joystik dan keypadnya berada dalam satu fleksibel yang apabila kita mau mengganti salah satu dari keduanya maka kita harus mengganti satu set.

Apakah tidak bisa kalau kita servis saja, seperti joystiknya, cukup kita ganti joystik tanpa harus ganti fleksibel keypadnya, dan keypad yang putus kan dapat kita lakukan proses jumper menggunakan kabel yang sudah terisolasi? Tentu saja bisa, dan ini pernah admin lakukan juga, tetapi di samping proses pengerjaan yang lama dibandingkan dengan langsung mengganti fleksibel satu set, ini juga membuang-buang waktu karena tidak efisien.

Kalau dahulu iya kita servis saja karena sparepart kurang, tetapi saat sparepart sudah banyak maka lebih baik dilakukan penggantian satu set sekalian, karena akan mempercepat proses perbaikan dan lebih tahan lama.

Diketahui     :  Nokia 6600 generasi wd2

Ditanya        :  Kerusakan bagian keypad

Penyelesaian :

  • Ganti flexcable keypad + joystick lama dengan yang baru
  •  Selesai

Demikianlah cara melakukan perbaikan pada Nokia 6600 yang rusak di bagian keypad walaupun tidak keseluruhan tombol yang rusak tetapi kita langsung ganti saja keseluruhan fleksibelnya. Semoga bermanfaat.

Updated: April 10, 2016 — 10:50 am

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme