Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Sejarah Layar Kaca Gorilla Glass

Anda tentu tidak asing dengan layar kaca Gorilla Glass pada smartphone android anda. Layar kaca ini dinilai sangat kuat dan tidak dapat tergores sedikitpun. Bagaimanakah sejarah layar Gorilla Glass dibuat ?

Gorilla glass adalah salah satu dari jenis layar pelindung yang paling banyak digunakan pada smartphone keluaran dari Samsung dan kini mulai digunakan hampir oleh semua vendor smartphone. Gorilla Glass bila diartikan secara harfiah memiliki arti Kaca Gorilla. Istilah ini menunjukkan bahwa Gorilla Glass memilki kekuatan seperti Gorilla yang sangat kuat. Gorilla Glass diproduksi oleh pabrik Kaca Corning sebuah perusahaan yang berhasil membuat sebuah produk dari kaca yang terdaftar dalam lembaran kaca alkali-aluminosilikat.

Gorilla glass ini dibuat dengan bentuk yang tipis, ringan akan tetapi memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap kerusakan dan goresan. Hal ini yang menjadikan Gorilla Glass banyak digunakan sebagai pelapis layar baik smartphone, Televisi, Laptop dan berbagai media elektronik lainya. Corning sebagai produsen Kaca Gorilla ini menuturkan keunggulan utama dari Gorilla Glass adalah kekuatan, daya tahan yang sangat tinggi terhadap goresan, dan ketahanannya.

Sejarah layar kaca Gorilla Glass ini dimulai pada tahun 1960. Menurut sejarah, perusahaan Corning inc telah melakukan berbagai eksperimen dengan menggunakan bahan-bahan kimia guna menemukan sebuah pelindung kaca yang sangat kuat. Eksperimen ini diberi nama Project Muscle.  Perusahaan Corning melakukan berbagai percobaan hingga menemukan kaca yang mereka namai dengan Chemcor Glass, pendahulu Gorilla Glass.

Kaca Chemcor Glass keluaran Corning inc ini tidak diproduksi massal kecuali untuk Race Car Dodge Dart dan Plymouth  Baracuda  yang meminta untuk diproduksi sebanyak seratus buah. Perusahaan Corning inc menyadari bahwa dengan Chemcor Glass sebuah kaca yang memiliki kelebihan ringan dan kuat tentu sangat baik diaplikasikan pada mobil balap untuk mengurangi beban kendaraan sehingga meningkatkan laju mobil balap dan dapat dipacu secara maksimal.

Hingga menurut sejarah layar kaca Gorilla Glass, pada tahun 2006 Apple Inc mengembangkan sebuah smartphone pertama dengan nama iPhone. Awalnya Steve Jobs membuat prototype iPhone dengan layar plastik tebal dan keras. Hingga pada suatu ketika Steve Jobs menemukan sebuah fakta ketika ia meletakkan protoype iPhone kedalam sakunya, permukaan layar prototype tersebut tergores oleh kunci miliknya. Dengan segera Steve Jobs mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.  Hingga Akhirnya Steve Jobs menghubungi CEO dari Corning Inc. Steve Jobs mengutarakan bahwa perusahaan Apple Inc membutuhkan sebuah kaca yang ringan dan kuat untuk diaplikasikan pada iPhone. Awalnya Wendell Weeks sebagai CEO dari Corining Inc menolak. Ia menuturkan bahwa perusahaan Corning Inc memang pernah membuat sebuah kaca yang ringan dan kuat untuk layar smartphone pada tahun 1960 akan tetapi produksinya sudah dihentikan.

Menurut Sejarah Gorilla Glass, Jobs terus mendesak dan meyakinkan Weeks untuk memproduksi kembali layar kaca Gorilla Glass agar segera diaplikasikan pada iPhone  yang akan dirilis oleh Steve Jobs secepatnya. Hingga pada akhirnya Wendell Weeks menerima dan pada Juni 2007 Corning Glass tersebut diaplikasikan pada iPhone generasi pertama untuk pertama kalinya.

Kini produk Gorilla Glass sudah sangat tidak asing ditelinga kita. Samsung pun mulai melirik kaca yang kuat dan tahan terhadap goresan ini, sehingga hampir sebagian produk keluaran Samsung menggunakan Gorilla Glass sebagai pelindung kacanya. Ketahanan dan kekuatan Gorilla Glass memang tidak dapat diragukan lagi. Begitulah sejarah layar kaca gorilla glass sebuah kaca pada beberapa smartphone android.

Updated: April 15, 2016 — 1:06 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme