Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Tips Mempercepat Kinerja Android

Sekarang ini sistem operasi Android sudah menjadi kegemaran sendiri bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Di pasaran, smartphone Android juga mampu mengalahkan penjualan dari produk smartphone yang dibekali dengan sistem operasi lain. Fiturnya yang canggih dan lengkap inilah yang kini membuat banyak orang telah beralih ke smartphone Android. Kemudahan lain juga sudah didapatkan oleh para pengguna yakni dapat secara gratis mengunduh beragam aplikasi yang sudah tersedia komplit di Play Store, Beragam vendor juga sudah memberikan kepercayaan akan pembekalan sistem operasinya smartphonenya kepada Android.

Keunggulan Android memang sudah tidak diragukan lagi. Namun perlu diingat juga dibalik keunggulan tersebut, tentunya Android juga memiliki beragam masalah, salah satunya adalah kinerja dari Android yang semakin hari semakin lambat. Lambatnya kinerja Android sendiri biasanya dapat diketahui dari munculnya tanda – tanda, seperti adanya sendatan saat melakukan pengetikan pesan, loading lama ketika membuka aplikasi, dan tanda lainnya.

Tahapan dalam usaha mempercepat kinerja smartphone android.

Tentu dalam kondisi yang demikian ini Anda sangat membutuhkan adanya referensi yang mengulas mengenai sejumlah tips mempercepat kinerja Android. Semoga dengan adanya tips mempercepat kinerja Android di bawah ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah yang cukup serius ini. Berikut adalah tips mempercepat kinerja Android, diantaranya:

6 Cara Mempercepat Kinerja Android :

1. Melakukan Factory Reset / Hard Reset

Bagi Anda yang telah lama menggunakan gadget Android apapun merknya kemungkinan besar sudah mulai lambat kinerjanya disebabkan sudah terlalu banyak aplikasi yang terinstal dan sisa-sisa cache yang tertinggal dan masih banyak tumpukan file yang tersimpan di dalam memori internal ponsel anda yang terlupa untuk dihapus permanen. Maka cara pintasnya dapat melakukan hard reset / factory reset untuk menghapus semua data internal ponsel baik itu; foto, video, kontak, akun gmail dan bbm, beserta seluruh pengaturan akan kembali seperti sedia kala layaknya baru keluar dari pabrikan.


2. Update firmware terbaru

Kadangkala sebagian orang tak menyadari bahwa kegunaan dari firmware adalah untuk memperbaiki munculnya bug serta lag dalam Android. Oleh karena itu, secara rutin melakukan update firmware merupakan salah satu tips mempercepat kinerja Android yang sebagian besar pada merk dengan sistem operasi Android ini sudah memiliki fitur update firmware secara langsung (FOTA) yang disarankan apabila anda sudah terkoneksi dengan jaringan wifi.

3. Membatasi penggunaan widget

Kegunaan dari widget adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam bernavigasi pada setiap aplikasi. Banyaknya penggunaan widget tentu akan memberikan kerugian bagi smartphone Android, diantaranya menguras daya baterai dengan cepat dan membuat kinerja Android menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, membatasi penggunaan widget dapat menjadi salah satu tips mempercepat kinerja Android.

4. Uninstall aplikasi yang tak lagi terpakai

Pemasangan aplikasi yang sangat banyak menjadi pemicu utama dari menurunnya kinerja Android. Uninstall aplikasi yang tak lagi terpakai menjadi salah satu tips mempercepat kinerja Android yang dapat diterapkan. Sementara itu, Anda dapat menonaktfkan aplikasi bawaan dari smartphone yang tidak dapat dihapus. Dan juga menjaga keseimbangan jumlah aplikasi yang maksimal bisa diinstal pada smartphone anda dan tidak menyebabkan lelet.

Misalnya nada menginstal 5 macam game sekali waktu dan karena bosan sudah ingin menginstal game lainnya, maka sebelum mengunduh dan menginstal game lain maka sebaiknya uninstal dahulu salah satu game yang lama, sehingga jumlah game yang terinstal tetap berjumlah 5 buah.

5. Hapus cache

Cache yang menumpuk biasanya berasal dari aplikasi yang telah digunakan. Nah, jika smartphone Anda menyimpan banyak cache, maka sangat wajar jika kinerja Android menurun. Oleh karena, Anda dapat menginstall aplikasi Clean Master yang dapat membersihkan seluruh cache dalam Android secara otomastis. Dengan demikian kinerja Android akan meningkat.

6. Hindari menggunakan live wallpaper

Live wallpaper mungkin menjadi ketertarikan bagi setiap orang. Namun yang tidak Anda ketahui adalah sebenarnya live wallpaper inilah yang membuat kinerja Android menjadi lambat. Dengan demikian sangat disarankan untuk tidak menggunakan live wallpaper agar kinerja Android menjadi cepat.

Updated: April 15, 2016 — 1:03 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme