Ponsel Rusak

Kumpulan Solusi Reparasi Ponsel

Trik Mengganti Bootanimation Android

Gagal Ganti Bootanimation? Coba Cara ini – Memiliki smartphone yang unik dan lain dari yang lain, memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Sehingga banyak cara dilakukan oleh para user untuk mempercantik tampilan smartphone mereka dengan beragam cara. Mulai dari cara yang sederhana seperti install aplikasi launcher pihak ketiga, mengganti bootanimation, boot logo, hingga cara yang extreame seperti install custom rom.

Salah satu cara yang pernah saya coba terapkan adalah mencoba mengganti bootanimation. Alasanya hanya karena bosan dan ingin suasana baru, dan juga agar smartphone saya terlihat beda. Waktu itu, saya mencari info tutorial cara mengganti bootanimation. Langkahnya tak terlalu sulit, dan tools yang digunakan juga bisa ditemukan cukup mudah di play store.

Syarat dasar untuk bisa mengganti bootanimation tidak susah, anda hanya membutuhkan akses root, aplikasi explore, serta file bootanimation dalam format zip. Langkahnya juga sederhana, anda cukup membuka aplikasi explore atau root explore. Lalu masuk ke direktori system, media, lalu cari file bernama bootanimation.zip. sebelumnya ubah dulu permision dari RW ke RO. Rename file bernama bootanimation.zip menjadi nama apapun yang anda suka.

Tutorial cara ringan untuk mengganti boot animation pada android.

Lalu cari bootanimation yang anda miliki yang akan anda gunakan sebagai pengganti bootanimation default. Ubah nama file tersebut menjadi bootanimation.zip jika sebelumnya menggunakan nama lain. Karena biasanya memang menggunakan nama default file seperti kitkat-bootanimation.zip atau lain sebagainya. Lalu copy dan pastekan pada direktori system, media, untuk mengganti bootanimation default yang sebelumnya telah anda rename tadi. Dan selesai, silahkan reboot HH anda.

Kebanyakan cara ini berhasil pada mayoritas tipe Smartphone android. Tapi anehnya, cara tersebut gagal saya terapkan di HH saya. Padahal saya sudah mengikuti semua langkah dengan benar. Tapi ketika HH saya reboot, tampilan bootanimation tetap tidak berubah. Jadi, apa yang salah? Apakah HH saya memang tidak bisa ganti bootanimation?

Karena rasa penasaran, akhirnya saya nekat melakukan uji coba untuk mencari masalahnya. Dan ternyata, cara yang saya terapkan berhasil dengan sukses. Apakah anda ingin tahu cara apa yang saya gunakan? Ternyata setelah saya cari tahu penyebab gagal ganti bootanimation yang saya lakukan, saya menemukan kesimpulan, bahwa tidak semua HH menggunakan file dengan nama boitanimation.zip sebagai bootanimation system. Karena pada HH saya, bootanimation yang bisa aktif adalah bootanimation yang menggunakan nama bootanimation-mtk.zip. Sehingga cara biasa yang digunakan oleh banyak orang, tidak berlaku di HH saya. Kebetulan HH saya menggunakan chipset mtk-6572.

Jika anda pernah mengalami gagal mengganti bootanimation dengan cara yang biasa, mungkin anda bisa melakukan riset seperti yang saya lakukan. Caranya, masuk ke direktori system, media. Lalu buka file tekan bootanimation.zip atau file lain yang berdekatan yang memiliki format zip. Biasanya jika anda menggunakan root explore, anda akan langsung bisa melihat isinya.

Bootanimation.zip adalah file zip yang di dalamnya berisi beberapa gambar. Tekan tiap gambar, apakah gambar yang ada di dalamnya sama dengan bootanimation yang aktif saat ini. Jika tidak, coba cari file lain di bawahnya yang berupa zip. Lalu lakukan hal yang sama. Ketika anda menemukan file zip yang di dalamnya berisi gambar-gambar yang sama dengan bootanimation yang aktif saat ini, maka segera lihat nama filenya, ingat baik-baik.

Lalu pergi ke file bootanimation.zip yang ingin anda gunakan. Rename menjadi nama yang sama dengan file zip yang berisi gambar-gambar bootanimation yang aktif saat ini. Copy, lalu menuju ke file zip yang berisi gambar-gambar bootanimation yang aktif, lalu rename menjadi nama apa saja sesuka anda. Lalu pastekan file bootanimation yang tadi anda copy untuk mengganti file bootanimation yang sudah anda rename. Selesai, dan coba reboot HH anda sekarang.

Cara ini berhasil saya terapkan, tanpa adanya masalah. Bahkan saya bisa gonta-ganti bootanimation kapanpun saya inginkan. Untuk saat ini, saya mengunakan bootanimation Sony Xperia pada HH Vertu X-Bo V1 saya. Intinya, jika anda gagal mengganti bootanimation dengan cara biasa, coba melakukan uji coba dengan mencari tahu file bootanimation dengan nama apa yang aktif untuk HH anda. Semoga berguna, dan selamat berkreasi.

Updated: April 15, 2016 — 1:11 pm

The Author

Ponsel Rusak

Ponselrusak.com merangkum solusi perbaikan High-end mobile devices dan Tablets. Silahkan follow di akun G+ +Ponselrusak.

2 Comments

Add a Comment
  1. Tolong dibantu, dalam folder system/media hh saya boot animasinya terhambur (tidak dalam bentuk zip), gimana solusinya?? HH saya SGM gt5.8 i9152

  2. Ga ada file yg namanya bootanimation.zip…. terus gmn ??

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ponsel Rusak © 2016 Frontier Theme