Bersih-bersih toko

Ponsel Rusak - Bagi teknisi hp tentunya sudah tidak asing lagi dengan menumpuknya sisa-sia dari mesin hp, mulai dari papan pcb, kesing, tulangan, bahkan baterai hp yang sudah usang bekas dari servisan yang gagal dan kemudian dijual oleh yang punya. Ataupun memang karena dahulunya pernah membeli hp-hp mati buat dijadikan kanibalan bahan spare part buat membetulin hp yang sejenis nantinya.

Bayangkan saja kalau tumpukan itu sudah setahun, tentunya semakin banyak. Memang  sebagian dari isi tulangan dan komponen pcb mesin hp masih bisa digunakan dan dimanfaatkan lagi, seperti; buzzer, speaker, mic, plugin headset, konektor cas, bahkan ic nya pun kalau ada servisan yang sama komponennya terkadang masih bisa dimanfaatkan. Karena ic yang dicabut langsung dari kanibalan terkadang kualitasnya lebih bagus daripada ic baru yang dijual dipasaran.

Sekitar 3 bulan lalu ada orang datang mau nyari mesin / pcb hp bekas yang per kilo nya dia hargai Rp.100rb, ya sudah langsung dikumpulin mesin-mesin hp lama yang sudah tidak bisa digunakan lagi dan terkumpul 2kg lebih. Kemudian dia tanya baterai bekas pula, langsung kita beri lagi, hehehe karena memang baterai bekas hp tadi sudah menumpuk pula di tumpukan kanibalan hp.

Hari ini kebetulan ada tukang sampah harian dateng, langsung saja diberi kesing-kesing bekas hp yang sudah tidak bisa digunakan lagi, mungkin ada 6 kilo. yang penting suasana toko nyaman dan harum. biar nyaman nyervisnya.

Sebenarnya penampung mesin pcb hp masih pesan kalau masih ada stok dia bakalan datang lagi dengan memberikan nomor hp miliknya, tetapi jaman sekarang ini kanibalan hp sangat diperlukan. Jadi, daripada dijual kiloan, lebih baik disimpan yang nantinya komponen dari hp tersebut akan diperlukan nantinya buat servis hp. Karena kan sekarang jaman smartphone, baik Blackberry, iPhone, Android, Tablet, kalau dijual kiloan sayang sekali itu mesin pcbnya.

Demikianlah sedikit curhat dari ponsel rusak waktu menjual bekas mesin hp yang sudah tidak terpakai lagi dengan harga yang pas untuk jenis mesin hp jadul.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar