Masalah keypad N-Gage QD

Salah satu kerusakan pada Nokia n Gage qd yang sebenarnya tidak parah tetapi menurut saya ini cukup rumit dan memakan waktu, kerusakan ini yaitu beberapa tombol tidak bisa dipencet yang kalau pada tipe Nokia lainnya hal semacam ini ada di seputaran keytone atau emif keypadnya yang bermasalah tetapi tidak pada Nokia jenis ini, karena kerusakan ini terjadi karena kurang pasnya koneksi papan-papan pcb dengan papan keypadnya.

Karena seperti yang kita ketahui kalau Nokia jenis ini memiliki beberapa mesin pcb yang ditumpuk menyatu dengan tulangan dan kesingnya, nah yang jadi masalah saat terjadi geseran entah mungkin terjatuh atau mungkin karena pernah mau diservis kerusakan yang lain pada mesin hpnya yang pada waktu ingin merakitnya kembali ternyata posisi konektor keypad yang pada mesin bawh tidak pas menyentuh dengan papan pcb keypad yang di atas.

Nah proses untuk memasang konektor dan pcb keypad ini benar-benar memakan waktu yang cukup lama, belum lagi setelah posisi sudah benar pas mau dipasang ternyata tempat baut di tulangan kesingnya sudah dol sehingga papan pcb mesin hp ini tidak bisa erat dan menjadi renggang. Dan apabila bautnya renggang maka lagi-lagi keypadnya tidak dapat berfungsi lagi, belum lai tulangan hp ini pada waktu itu belum banyak yang jual sehingga perlu memutar otak untuk membuat kesingnya menjadi rapat.

Dan akhirnya untuk membuat kesing dan tulangannya menjadi benar-benar rapat adalah dengan menggunakan baut yang ukurannya lebih besar lagi, biasanya menggunakan baut bekas dari charger yang sudah tidak dipasang lagi, karena bentuknya mirip dengan baut bawaan Nokia QD ini tetapi dengan ukuran yang lebih besar sehingga apabila dipasang pada tulangan yang sudah dol tadi menjadi merekat kuat.

Diketahui     : Nokia N-Gage QD
Ditanya        : Keypad bermasalah ?


Penyelesaian :
  • Bersihkan konektor keypad
  • Solder ulang pin-pin konektor keypad dengan menggunakan timah pasta dan jangan terlalu tebal
  • Pasang baut dengan erat, jika tulangan sudah dol lbih baik ganti dengan yang baru
  • Selesai
Demikianlah cara mengakali kesing dan tulangan yang kurang merekat diakibatkan baut yang sudah dol di tulangannya, sehingga dapat menyebabkan eror lainnya yang pada kasus ini muncul error di bagian keypadnya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar