Persiapan masuk ke Perguruan Tinggi

Persiapan masuk ke Perguruan Tinggi


Mungkin sekarang lagi masa sibuk-sibuknya remaja yang baru lulus SMU untuk mempersiapkan diri agar bisa meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi.
Untuk yang ekonomi menengah ke atas mungkin tinggal memilih di Perguruan Tinggi Swasta yang kualitasnya juga tidak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri, namun untuk yang ekonomi menengah ke bawah dan yang mau belajar mandiri mulai mempersiap.kan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi Negeri
Berikut beberapa persiapan :

Fokus pada nilai akademis
Tujuan seseorang menuntut ilmu adalah untuk menambah pengetahuan. Namun sebaiknya orang tua juga perlu memastikan anaknya memiliki nilai akademis yang baik ketika SMA. Sebab nilai tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pendaftaran ke universitas yang diinginkan.

Mengetahui bakat dan minat
Meskipun nilai akademis sudah tergolong bagus, anak juga perlu diarahkan untuk mengikuti klub tertentu sesuai dengan bakat dan minat mereka. Sebab kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah juga memberi peran penting dalam pendidikan sosial anak.

Target lulus
Banyak kasus anak kuliah yang terlalu asyik berorganisasi akhirnya terlambat lulus. Hal ini patut dijadikan pertimbangan khusus bagi orang tua. Pastikan anak mampu lulus tepat waktu dan kegiatan organisasi tidak mengganggu aktivitas akademis di dalam kelas.

Mencari beasiswa
Sehubungan dengan menjaga nilai akademis, dari situ sebenarnya anak akan punya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Orang tua bisa membantu mencarikan beasiswa yang tepat untuk anak. Sehingga biaya untuk kuliah akan terasa lebih ringan.

Berlatih soal
Ujian masuk kuliah atau yang disebut dengan SNMPTN memang cukup sulit. Oleh sebab itu, persiapan terakhir dan yang paling penting adalah anak sebaiknya mulai berlatih soal-soal. Sama seperti hal lain, semakin sering berlatih, maka semakin sempurna anak menguasai soal-soal untuk ujian masuk kuliah.

Itulah persiapan penting sebelum masuk kuliah untuk anak yang perlu diperhatikan orang tua.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar