Tak punya rekening bank tetap bisa kirim uang pakai handphone


Tiga operator terbesar di Indonesia yakni Telkomsel, XL dan Indosat berkolaborasi meluncurkan inovasi berupa layanan e-money interoperability (P2P transfer) atau layanan pengiriman uang elektronik lintas operator.
Direktur Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah menjelaskan, dengan kerjasama tiga operator tersebut memungkinkan masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan hanya dengan sms di telepon genggam dan tanpa harus mempunyai rekening bank.
"Yang digantikan sebagai alternatif antar operator ini sebenarnya pengiriman uang melalui kliring, transfer lewat ATM, wesel yang sebenarnya juga non tunai," terang Difi lewat pesan singkatnya kepada merdeka.com di Jakarta, Rabu (15/5).
Difi menjelaskan, untuk memulai transaksi ini operator seluler harus melakukan pooling fund atau deposit yang disimpan di bank sebagai jaminan. Pengguna operator kemudian dapat membeli uang elektronik tersebut di gerai operator dan bisa langsung melakukan transaksi. "Yang pooling fund itu operatornya berasal dari deposito kita tadi. Jadi yang ini ga perlu punya rekening," jelas Difi.
Menurut Difi, praktik kirim uang menggunakan operator ini lebih mirip dengan transaksi kartu pra bayar, di mana seseorang harus mengisi uang elektronik terlebih dahulu di gerai operator kemudian baru bertransaksi. Untuk pengambilan uang, masyarakat juga bisa mengunjungi gerai operator tersebut. "Bisa tarik tunai di gerainya operator," tutupnya.
Sebelumnya Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mengungkapkan dengan adanya pengiriman uang elektronik lintas operator, maka seluruh pelanggan tiga operator yang berjumlah sekitar 230 juta pelanggan, dapat melakukan transaksi uang. Contohnya, pelanggan TCASH (telkomsel) dapat melakukan transaksi transaksi transfer pelanggan XL tunai (XL) maupun ke pelanggan dompetku ( Indosat) begitu pun sebaliknya.

Sumber : http://goo.gl/LMk3g5
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar