Solusi HP Yang Terendam / Terkena Air

Cara mengatasi hp yang matot karena terkena air - Blog Ponsel Rusak akan membagikan tips untuk Anda yang mana ponselnya terjatuh ke air, kehujanan, terendam di cucian, dan lain sebagainya. Tips ini semacam pertolongan pertama apabila kejadian tersebut menimpa hp kesayangan Anda.

Dengan diberikan tips apa saja yang harus dilakukan ketika ponsel anda terkena air ini, diharapkan ponsel anda segera pulih seperti sediakala dan tidak terjadi kesalahan tindakan pertama sesaat setelah anda mengangkat hp tersebut dari air. 

Apabila langkahnya benar maka handphone anda terselamat dari; mati total, short alias konslet, dan kerusakan lainnya yang menyebabkan ponsel tidak berfungsi dengan semestinya. Dan ingat penanganan awal saja yang apabila tidak berhasil maka anda segera membawanya ke servis hp terpercaya untuk menjaga agar hpnya cepat benar.

Berikut langkah awal yang harus dilakukan apabila hp Anda terkena air:
  1. Untuk kasus tercebur atau terendam di air anda harus segera mengambil hp tersebut dan mencabut baterai dari ponsel agar tidak terjadi konslet atau korosi di perangkat nya.
  2. Untuk kasus kehujanan, di saat mulai gerimis maka segera cabut baterai dari ponsel dan simpan di dalam plastik dan tempat lainnya yang terhindar kontak langsung dengan air. Apabila baterai tidak anda cabut, walaupun tidak terkena kontak langsung, tetapi air akan masuk juga ke ponsel anda berupa uap air yang tentu saja akan mem buat kerusakan.
  3. Jangan taruh ponsel anda di kantong baju atau celana di saat anda sedang melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat, walaupun tidak berakibat langsung tetapi setelah beberapa bulan ponsel anda akan rusak diakibatkan korosi akibat keringat dan biasanya lebih parah daripada air biasa.
  4. Segera bongkar kartu sim, memori, baterai, tutup kesing dan kesing hp semampu Anda. Kalau anda mempunyai obeng ponsel ataupun anda bisa membelinya maka buka saja ponsel anda dan kalau belum mengerti cara membuka kesing tipe hp yang anda miliki anda bisa browsing.
  5. Lap dengan bersih menggunakan kain kering atau tisu kering yang penyerapannya bagus.
  6. Jangan dijemur langsung menghadap matahari apabila kesing tidak dibongkar seluruhnya, karena akan merusak layar lcd dan air tidak akan keluar hanya mengembun di dalam ponsel rusak tersebut.
  7. Bisa anda taruh hp anda di depan kipas angin semalaman, atau pada siang hari di dalam ruangan.
  8. Bisa juga merendam dan mendiamkan hp anda di dalam bakul beras punya emak di dapur, karena sifat beras dapat menyerap partikel air yang keci (ingat pelajaran kohesi dan apa ya lupa hehe)
  9. Terakhir jangan sungkan-sungkan untuk mendatangi tempat servis hp yang Anda percaya untuk segera membersihkan hp anda dari sisa-sisa air, karena sedikit saja air yang tertin ggal akan merusak hp anda.

Ingat!!
  • Jangan langsung menghidupkan ponsel anda ketika air masih tersisa di dalamnya, walaupun hpnya ternyata hidup tetapi tidak akan lama.
  • Jangan terlalu lama mendiamkan air yang berada di hp anda karena akan menyebabkan korosi dan karat di komponennya.
  • Untuk mengatasi hp yang matot karena short konslet bisa dilihat di artikel HP Matot Short

Demikianlah artikel tentang pertolongan pertama pada hp yang terendam air agar tidak matot dan konslet, untuk yang mempunyai pengalaman mengenai hal ini sangat ditunggu ceritanya melalui form komentar di bawah ini dan terima kasih.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

8 komentar

terima kasih mas, dicoba :D

Balas

siph, patut dicoba

Balas
avatar
ponsel rusak Admin

Silahkan mas :v

Balas
avatar
ponsel rusak Admin

Jangan lupa taruh di dalam beras mas, jangan di dalam nasi ntar disangka lauk hehe

Balas
avatar
Sherly Monika

mas kalo misalnya gak sengaja keidupin pas udah kemasukan aer gimana ?

Balas
avatar
ponsel rusak Admin

Segera bertaubat mbak, hehehe.
Abis itu ikuti seperti di atas untuk mengeringkan sisa-sisa air. Kalau sudah kelamaan maksa ngidupinnya biasanya jadi karat / kerak yang harus dibersihkan dengan peralatan servis, tapi coba saja dahulu.

Balas
avatar
riani riskya

ponakan aku beberapa hari lalu kecebur selokan hp nya..android huawei y336
abis kecebur dia malah cas hapenya dan alhasil yg tadinya masi idup jd cuma tinggal suara. blank warna putih layarnya.

paginya dia kasih ke saya dan komponen batre , memori dll lgsg saya lepas..,
saya jemur
malemnya masukin ke dalem tempat beras . selama 4 hari 4 malem ga saya idupin.(jemur..rendam..jemur rendam)
kcuali batrenya saya jemur 1-2 jam saja. abis itu disimpen. memori card dan sim juga disimpan.

setrlah perjuangan itu baru saja saya nyalakan alhamdulillah kembali normal.

Balas
avatar
ponsel rusak Admin

Luar biasa perjuangannya mbak, selamat ya. Di sini butuh teknisi juga lho hehehe

Balas