Tutorial Cara Mengecilkan Navebar Android

Tutorial Cara Mengecilkan Navebar Android

Tutorial Cara Mengecilkan Navebar Android – Sebagaimana yang kita tahu, modding Android adalah sebuah cara yang dilakukan oleh para user untuk mengubah system atau program yang ada di dalam Android, agar mendapatkan apa yang mereka inginkan. Misalnya memasang tweak, merubah tampilan menu, merubah navebar, dan lain sebagianya. Namun adakalanya, modding yang kita lakukan hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kita. Misalnya setelah kita membahas cara mudah menambah menu navebar di Android pada tutorial sebelumnya, tentu hasil yang didapat masing-masing orang bisa beragam tergantung device yang digunakan.

Seperti yang sudah pernah saya singgung pada artikel cara mudah menambah menu navebar di Android, terkadang ukuran navebar yang muncul tidak sesuai dengan resolusi layar kita. Pada kebanyakan kasus, ukuran navebar terkesan terlalu besar sehingga terlihat kurang nyaman. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kali ini saya akan coba membagi tutorial cara mengecilkan navebar Android yang sebelumnya sudah anda buat. Untuk cara-cara lengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Tutorial cara mengecilkan navbar android.

Tutorial Cara Mengecilkan Navebar Android

Jika pada tutorial sebelumnya kita menggunakan cara manual dengan melakukan edit build.prop untuk menambah navebar di Android, maka untuk cara mengecilkan navebar Android kita akan melakukanya dengan bantuan aplikasi. Sehingga caranya lebih mudah, namun tetap membutuhkan ketelitian agar tidak salah langakah.  Sekali lagi saya ingatkan, biasakan melakukan backup sebelum melakukan modding pada Android demi keamanan. Anda bisa melakukan backup via custom recovery yang anda miliki, baik CWM, TWRP, atau yang lainya. Jika sudah, sekarang ikuti tutorial berikut ini.

  1. Pertama-tama, anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Exposed Installer. Anda bisa mencarinya lewat browsing atau via google play store. Setelah anda download, silahkan buka aplikasi Exposed Installer.
  2. Setelah itu, silahkan anda cari menu Framework lalu buka, pilih Install/Update. Jika sudah, silahkan reboot HH anda.
  3. Sekarang silahkan anda download aplikasi pendukung yang bernama XBlast Tools. Silahkan anda browsing untuk mendownloadnya. Setelah itu, install XBlast Tools di memori internal.
  4. Masuk lagi ke Exposed Installer, pilih pada menu “Module”, lalu silahkan centang pada bagian “XBlast Tools”. Setelah itu, silahkan anda buka aplikasi XBlast Tools.
  5. Pada menu XBlast Tools, silahkan anda pilih “Navigation bar-> Master Switch ON-> Button Height. Lalu, silahkan pilih ukuran navebar yang anda kehendaki. Sesuaikan dengan ukuran layar anda. Semakin kecil  angka yang anda pilih, maka navebar yang muncul ukuranya juga akan semakin kecil.
  6. Selesai. Silahkan lakukan reboot, dan lihat hasilnya.


Tutorial cara mengecilkan navebar Android ini sudah dicoba pada beberapa jenis device, dan berhasil dengan baik tanpa adanya error. Namun, saya tidak bertanggung jawab jika cara ini gagal diterapkan di HH anda, atau terjadi error setelah anda melakukan cara ini. Oleh karena itu, anda harus mengetahui segala resiko yang mungkin bisa ditimbulkan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, silahkan selalu lakukan backup sebelum melakukan modding. Karena jika sewaktu-waktu HH anda mengalami error karena masalah system, anda bisa memperbaiki Android yang bootlop dengan mudah melalui CWM/TWRP lewat restore backup yang sudah anda miliki. Saya harap, tutorial cara mengecilkan navebar Android ini bisa bermanfa’at bagi anda. Jangan lupa baca juga tutorial lainya yang sudah saya tulis. Selamat mencoba dan semoga berhasil.  
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

avatar
singgih kurniawan

thx gan

Balas