Cara Mengatasi Perangkat Android Yang Tidak Terbaca Di Komputer

Cara Mengatasi Perangkat Android Yang Tidak Terbaca Di Komputer


Cara mengatasi perangkat android yang tidak terbaca di komputer ini dapat anda gunakan ketika anda ingin memindah data dari ponsel android kedalam laptop, akan tetapi perangkat android anda tidak dapat terbaca pada piranti komputer anda. Biasanya, perangkat android apabila dihubungkan dengan laptop atau komputer secara otomatis akan muncul sebuah notifikasi bahwa perangkat android anda telah terhubung dengan piranti laptop atau komputer. Lantas bagaimana jika perangkat android anda tidak terbaca? Anda wajib melakukan cara mengatasi perangkat android yang tidak terbaca di komputer berikut. 

Memindah file atau backup data pada smartphone adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kapasitas memori terpakai pada smartphone. Backup Data sangat penting. Bagaimana tidak, semakin besar jumlah data yang terpakai akan mengurangi jumlah kapasitas memori dan dapat berpengaruh pada kecepatan akses smartphone anda. Apabila anda mengeluh karena smarpthone yang baru anda beli sudah mulai lemot, maka salah satu penyebabnya adalah kapasitas memori ponsel anda mungkin telah penuh atau mencapai batas penggunaan wajar.  Karenanya Backup data wajib anda lakukan. 

Lalu bagaimana jika perangkat android anda tidak dapat terhubung pada laptop ? Apabila hal tersebut terjadi, maka anda dapat melakukan langkah – langkah berikut. 
  1. Langkah awal, cabut USB dari port laptop anda. Cobalah pindahkan pada port lain. Apabila tetap tidak terbaca berarti kemungkinan kesalahan bukan dari port laptop anda. 
  2. Coba ganti kabel USB dengan Kabel USB lain, mungkin kesalahan terjadi karena kabel usb anda yang tidak memiliki kemampuan menyalurkan data atau memang ada kerusakan pada kabel USB anda. 
  3. Namun apabila langkah dua tidak berpengaruh, maka mungkin kesalahan ada pada pengaturan Smartphone anda. Ikuti langkah – langkah berikut 

  • Buka menu pada smartphone anda, lalu cari dan klik Setting / Setelan 
  • Setelah anda masuk setting, akan banyak muncul menu – menu, cari dan klik pada menu penyimpanan / storage 
  • Setelah anda buka, maka akan muncul tampilan penyimpanan internal, detail penyimpanan terpakai smartphone anda dan pada pojok kanan atas ada gambar USB.  Klik gambar tersebut
  • Setelah masuk akan muncul dua pilihan, MTP dan PTP. Cek list pada perangkat media MTP
  • Setelah anda centang, kembali hubungkan smartphone android anda dengan laptop, apabila muncul notifikasi tersambungnya perangkat anda, maka anda sudah dapat berbagi file dan melakukan backup data 
Baca juga : Cara Menjadikan Smartphone Android Menjadi Mouse

Cukup mudah bukan, cara mengatasi perangkat android yang tidak terbaca di komputer ini terbukti ampuh bagi anda yang memiliki masalah dengan koneksi antara ponsel android anda dengan piranti laptop. Selain menggunakan kabel data, anda juga tetap dapat menggunakan aplikasi layanan transfer data yang tersedia pada playstore. Seperti menggunakan aplikasi Wifi File Transfer yang dapat mengirim file dengan menggunakan wifi. Semoga cara yang kami share bermanfaat. 

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar