Alat Penguat Sinyal Hp Sederhana Untuk Daerah Minim Sinyal

Alat Penguat Sinyal Hp Sederhana Untuk Daerah Minim Sinyal

Handphone sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat di manapun. Hampir setiap orang kini sudah memiliki setidaknya satu perangkat hp. Bahkan tidak sedikit anak-anak yang sudah difasilitasi dengan alat komunikasi yang satu ini oleh orangtuanya. Tidak dipungkiri bahwa ponsel memang memiliki fungsi yang sangat banyak. Fungsi utama perangkat tersebut adalah untuk memudahkan komunikasi jarak jauh.

Hp memungkinkan seseorang untuk melakukan panggilan secara langsung dengan orang lain, berkirim pesan, dan bahkan dengan kehadiran smartphone saat ini, perangkat tersebut dapat digunakan untuk chatting dan mengakses internet.

Namun secanggih apapun perangkat hp yang Anda miliki, semua itu tentu akan sia – sia jika tidak ada sinyal di hp Anda. Tanpa adanya sinyal, Anda tidak dapat melakukan panggilan, berkirim pesan, dan bahkan tidak dapat mengakses internet.

Masalah minim sinyal atau tidak ada sinyal biasanya terjadi di daerah – daerah terpencil di mana pembangunan infrastrukturnya masih rendah. Alhasil ponsel pun jadi tidak dapat bermanfaat ketika tidak ada sinyal. Sebenarnya, ada cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat sinyal ketika Anda berada di pelosok yaitu menggunakan alat penguat sinyal.

Fungsi Alat Penguat Sinyal

Alat penguat sinyal berfungsi membantu perangkat telepon agar dapat menangkap sinyal secara lebih baik walaupun berada di tempat yang tidak mudah dijangkau sinyal. Saat ini alat penguat sinyal hp terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari alat yang sederhana buatan sendiri hingga alat yang canggih. Bahkan sudah cukup banyak alat penguat sinyal yang dijual bebas di pasaran dengan keunggulan masing – masing.
Membuat alat penguat sinyal.

Cara Membuat Alat Penguat Sinyal Sendiri

Adanya teknologi internet tentunya akan memberikan kemudahan bagi Anda yang memerlukan alat penguat sinyal. Apalagi alat tersebut sudah banyak ditawarkan di situs-situs jual beli online. Tetapi jika Anda enggan untuk membeli, Anda ternyata juga dapat membuat alat penguat sinyal hp sendiri dengan bahan yang sederhana.

Untuk membuat alat tersebut, bahan yang dibutuhkan juga cukup sederhana dan mudah didapatkan. Bahkan bahan tersebut mungkin sudah tersedia di rumah Anda. Berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya.

Alat dan Bahan


  • Magnet
  • Silet
  • Gunting Alumunium Foil

Cara Membuat


  1. Gosokkan silet ke magnet secara berulang – ulang seperti membuat magnet dengan cara digosok
  2. Nanti silet akan mempunyai medan magnet
  3. Setelah itu, siapkan aluminium foil dan letakkan silet di atasnya
  4. Lipat aluminium foil untuk menutup seluruh bagian silet
  5. Gunting aluminium foil dengan bentuk sesuai dengan ukuran ponsel
  6. Setelah itu, buka casing bagian belakang ponsel
  7. Letakkan silet aluminium foil tersebut di atas baterai
  8. Selanjutnya tutup lagi casing bagian belakang
  9. Selesai.

Sederhana dan mudah sekali bukan? Anda sekarang dapat melihat sinyal di ponsel Anda telah meningkat dibandingkan sebelumnya. Tentunya alat penguat sinyal sederhana ini dapat digunakan untuk semua jenis hp dari berbagai berbagai merek.

Cara Membuat Alat Penguat Sinyal Dari Lilitan Tembaga

Selain dengan bahan aluminium foil dan silet, Anda juga dapat membuat alat penguat sinyal hp dari bahan lain seperti antenna radio bekas hingga lilitan tembaga. Untuk dapat menggunakan bahan – bahan tadi agar dapat menjadi alat penguat sinyal, Anda wajib mengetahui apa tipe antenna ponsel Anda. Beberapa perangkat ponsel menggunakan antenna di luar sedangkan beberapa hp menggunakan antenna di dalam.

Tetapi kebanyakan produk hp terbaru saat ini sudah memakai antenna dalam. Biasanya tempat antenna tersebut berada di bagian belakang perangkat dengan bentuk bulatan dan terdapat ring tembaga. Jika bagian tersebut tidak nampak, biasanya tertutup oleh karet. Bila Anda telah menemukan lokasi antenna pada perangkat, maka ini akan lebih mudah.

Pasalnya, Anda dapat langsung menyambungkannya ke antenna eksternal missal radio bekas selama portnya dapat masuk. Jika tidak, Anda dapat membuat antenna dari lilitan kawat tembaga, Berikut ini adalah cara untuk membuat antenna penguat sinyal dengan kawat tembaga bekas.

  1. Pertama, siapkan lebih dulu kawat tembaga bekas berukuran 30 – 50 cm
  2. Kemudian lilitkan kawat tembaga tersebut pada bodi perangkat 2 – 5 kali lilitan
  3. Beri sisa bagian ujung sekitar 10 cm kemudian arahkan ke bagian atas layaknya antenna
  4. Sambungkan bagian ujung lainnya ke lubang antenna atau port yang ada di perangkat ponsel. Berhati-hatilah dengan bagian ujung kabel yang mungkin dapat menggores display atau casing dari perangkat ponsel
  5. Selesai. Silahkan Anda cek perubahannya

Tidak sedikit pengguna yang telah membuktikan sendiri bahwa alat penguat sinyal tersebut cukup efektif untuk meningkatkan sinyal ponsel secara signifikan. Sinyal yang awalnya hanya 1 bar atau bahkan sama sekali tidak ada dapat menjadi 2 bar hingga 3 bar. Cara di atas dapat divariasi dengan menyolder bagian ujung kabel dengan bagian soket antenna kemudian hubungkan ke soket antenna. Namun cara ini tidak dapat dilakukan pada hp tanka soket.

Untuk ponsel GSM 900, panjang antenna biasanya  adalah 33,3 cm dan GSM 1800 hanya 16,7 cm. Untuk menghitung panjang antenna tersebut rumusnya adalah C / Frekuensi di mana C merupakan kecepatan cahaya (300.000.000) meter per detik  Jika perhitungannya tepat, sinyal yang didapat akan meningkat hingga 2 bar untuk sinyal dengan skala 5. Hal ini berlaku untuk sinyal GSM dan 3G.

Cara Membuat Alat Penguat Sinyal Dengan Hanger dan Klip Kertas

Ini adalah cara gratis yang mudah dan dapat dicoba untuk meningkatkan sinyal di ponsel. Alat dan bahan yang diperlukan adalah tang runcing, klip, dan selotip. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Ambil sebuah klip kertas dan luruskan bagian ujungnya dengan tang
  2. Bengkokkan bagian ujung klip tadi sekitar 0,5 cm. Nantinya bagian yang dibengkokkan tersebut akan digunakan sebagai colokan untuk soket ponsel
  3. Tempelkan bagian ujung klip ke soket antenna ponsel
  4. Selotip klip tersebut di bagian bodi ponsel agar tidak lepas
  5. Selesai

Cara ini memang tidak akan meningkatkan sinyal secara signifikan karena hanya mampu meningkatkan sinyal sebanyak 1 bar. Jika tidak ada klip kertas, Anda dapat memanfaatkan hanger pakaian dari tembaga. Semakin besar ukurannya maka akan semakin baik.

Selain dengan bahan-bahan yang disebutkan di atas, masih ada banyak bahan lain yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat sinyal seperti wajan, kaleng bekas, tutup panci, dll. Anda dapat berkreasi untuk menciptakan alat penguat sinyal sendiri.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi kesulitan mendapatkan sinyal ketika berada di tempat yang terpencil. Dengan adanya sinyal, komunikasi melalui ponsel tentu akan lebih mudah dan lancar. Cara membuat alat penguat sinyal hp yang dijelaskan di atas menggunakan bahan – bahan yang ada di sekitar atau bahkan sudah ada di rumah sehingga Anda tidak memerlukan biaya untuk memperkuat sinyal. Semoga cara di atas bermanfaat untuk Anda ya!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar