Aplikasi Kamera Terbaik dan Gratis untuk Android

Aplikasi Kamera Terbaik dan Gratis untuk Android

Banyak fitur istimewa untuk pengambilan gambar atau perekaman video yang disediakan oleh camera apps for free. Semua disediakan di Playstore dan dapat dipakai sesuai kebutuhan. Dan harus diakui bahwa sekarang ini rata-rata orang yang gemar fotografi atau setidaknya punya kebutuhan memotret atau merekam video lebih memilih aplikasi di hape.

Meskipun di setiap jenis hape sudah disediakan fitur aplikasi kamera, tak semua penggunanya merasa puas. Karena fitur-fitur yang disediakan di situ cenderung standar. Fakta lainnya adalah hasil pengambilan gambar atau video dari kamera standar kadang kurang memuaskan. Masih membutuhkan sedikit polesan dari aplikasi yang mampu menciptakan hasil sesuai harapan.

Di sisi lain, ternyata memilih aplikasi kamera pun cukup susah. Hampir semuanya bisa diperoleh gratis dan rata-rata memiliki kemiripan tampilan atau fitur. Sementara kita tak ingin seperti membeli kucing dalam karung. Bisa sih dengan mencoba satu demi satu dan menghapusnya kalau tak cocok. Tapi cara itu membuang waktu dan tenaga serta bisa menumpuk sisa-sisa sampah file di sistem android.

Nah, berikut ini merupakan daftar dari beberapa aplikasi kamera gratis yang semoga sesuai keinginan. Masing-masing punya keunggulannya tersendiri. Silakan dipertimbangkan mana yang kira-kira paling cocok berdasarkan spesifikasi dan semua fiturnya.

1) Camera FV-5 

Aplikasi yang barangkali bisa merebut hati para penggemar kamera DSLR. Disebabkan oleh fitur-fiturnya yang dibikin sama persis dengan kamera DSLR. Pengguna aplikasi ini dapat mengendalikan sepenuhnya fitur ISO, light-metering focus, white balance, shutter speed, dan sebagainya.

Ada dua versi aplikasi ini. Yaitu yang berbayar dan gratis. Sebetulnya tidak nampak berbeda bagi yang masih awam atau belajar fotografi menggunakan kamera DSLR. Dan hasilnya pun tetap memuaskan. Fitur-fitur dalam versi gratis disediakan lebih sedikit daripada yang berbayar. Tapi secara umum, kualitas hasil menggunakan aplikasi ini memuaskan dari segi ketersediaan fitur para pecinta kamera DSLR.

2) Camera MX

Aplikasi ini cocok untuk sistem android versi 2.3 ke atas. Sebagaimana fitur aplikasi kamera pada umumnya, Camera MX menawarkan pengalaman menjepret dan merekam gambar secara maksimal sesuai masing-masing fiturnya. Salah satu kelebihannya adalah kualitas gambar yang jernih dan lebih tajam dibandingkan hasil dari fitur aplikasi kamera bawaan hape.

Fitur-fitur andalan aplikasi ini mencakup live shots, GIF, Gallery, dan khususnya fitur Shoot the Past di mana kita bisa memilih momen sempurna dari sebuah foto meski telah melakukan pengambilan gambar. Secara umum, aplikasi kamera ini memudahkan bagi pengguna yang masih awam dan ingin belajar editing foto dengan fasilitas sederhana tapi hasilnya memuaskan.

3) Open Camera

Keunggulan aplikasi ini terletak pada ukuran file-nya yang ringan. Dan dari ukuran yang ringan itu disediakan beragam fitur yang sangat menunjang pemakaian hape dan tablet android. Selain itu, aplikasi Open Camera tidak berbayar alias gratis dan bebas iklan.

Dirancang sebagai aplikasi open source, dengan semua fitur yang dibutuhkan kamera. Telah menunjang untuk fitur focus, scene modes, auto-stabilizer, HD Video Recording, handy remote controls, configurable volume keys, geotagging, external microphone, HDR, dynamic range optimisation mode, small size file, dan sebagainya.

Aplikasi ini pun menyediakan fitur bagi para pengguna tangan kiri. Hal inilah yang memberikan nilai plus bagi aplikasi ini karena sangat fleksibel untuk setiap orang. Tak diragukan lagi bahwa Open Camera menawarkan hampir semua keunggulan yang memenuhi keinginan para pengguna aplikasi kamera android.

4) Candy Camera

Aplikasi ini cocok bagi yang gemar melakukan selfie. Disediakan sebagai aplikasi dengan beragam fitur filter dan fungsi make up yang doyan berekspresimen. Misalnya beberapa fitur seperti stickers, face slimming effects, make up tools, dan sebagainya.

Candy Camera merupakan aplikasi yang cukup ringan dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya untuk melakukan selfie dengan mode silent. Salah satu fiturnya pun bisa menghasilkan banyak foto dalam satu waktu. Aplikasi ini barangkali kurang cocok bagi penggemar fotografi. Tapi tentu akan sangat memuaskan para pengguna yang gemar posting foto selfie di medsos.

5) Cymera

Aplikasi ini memiliki 7 tipe lensa yang berbeda yang masing-masing mampu menghadirkan hasil istimewa bagi penggunanya. Dikabarkan bahwa jumlah pengguna yang mengunduhnya sudah mencapai seratus juta lebih.

Sejumlah fitur dengan hasil memuaskan disediakan oleh aplikasi ini seperti smart gallery, body reshaping, photo editing tools, multiple filters, dan sebagainya. Aplikasi ini dapat digunakan dalam 12 bahasa berbeda.

6) Camera ZOOM FX

Satu lagi aplikasi yang kiranya cocok bagi penggemar kamera DSLR dan ingin menerapkannya di pemakaian kamera android. Camera ZOOM FX disediakan dengan beberapa fitur terbaiknya yaitu action shoots, stable shoots, photo filters, photo composition, DSLR controls, RAW capture, dan lain sebagainya.

Menggunakan kamera ini seperti mengoperasikan fitur kamera DSLR dengan versi minimalis. Bisa diatur beberapa fitur seperti combine shooting modes, shutter speed, focus distance, ISO, dan lain-lain. Ada lagi beberapa fitur istimewa seperti live effects, voice activation, spy camera, HDR mode pro, burst mode, dan lain-lain.

Camera ZOOM FX disediakan dalam dua versi aplikasi yakni yang premium dan biasa. Untuk versi premium bisa diperoleh dengan cara berbayar.

7) Z Camera

Sebuah aplikasi kamera yang bagi sebagian penggunanya dipakai karena terasa cukup elegan. Beberapa fitur editing dan filter sudah cukup menjelaskan itu. Dengan desain interface yang simpel, semua fitur di dalamnya dapat diakses tanpa kesulitan.

Sebelum menggunakan efek filter pun bisa melihat pra-tayang. Hal ini berlaku baik untuk pengambilan foto dan video. Beberapa fitur lain yang signifikan meliputi tilt-shift mode, private gallery, beauty selfie, HDR, photo editor, dan sebagainya.

Aplikasi Z Camera disediakan secara gratis namun bisa juga menggunakan versi berbayar kalau ingin memakai tanpa adanya gangguan iklan dan fitur-fitur lebih lengkap.

8) A Better Camera

Aplikasi ini dirancang untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi. Mengintegrasikan semua fungsi kamera terapan dengan fitur-fitur meliputi multishot, HD Panorama, HDR, night camera, dan sebagainya. Bisa juga langsung menghasilkan gambar berkualitas terbaik dengan memilih fitur Best Shot. Hasilnya akan langsung menjepret gambar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas tinggi.

Bagi yang mau menggunakan aplikasi ini dengan versi premium bisa memilih versi berbayar. Tapi versi gratisan pun sudah sangat baik untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

9) Camera 360

Bagi sebagian orang, aplikasi ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Karena dirasakan seperti mengambil gambar atau video layaknya profesional. Ada banyak variasi menu kamera dengan masing-masing efek berbeda dan istimewa. Setiap efek pun bisa langsung diterapkan otomatis pada bidikan lensa kamera.

Tampilan dan fitur di aplikasi ini mungkin butuh sedikit penyesuaian bagi yang belum terbiasa. Namun sebenarnya tinggal membiasakan diri dan mengeksplorasi tiap fitur dan menu yang disediakan oleh aplikasi.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar