Ini Cara Daftar Kartu 3 Yang Benar

Ini Cara Daftar Kartu 3 Yang Benar

Sekarang ini kartu pasca bayar dan prabayar harus diregistrasikan terlebih dahulu sebelum pemakaian, seperti peraturan yang dikeluarkan oleh Menkominfo nomor 14 tahun 2017. Registrasi tersebut dimaksudkan Menkominfo untuk memantau dan meminimalisir penggunaan nomer telpon untuk tindak kejahatan penipuan, SARA, dan kegiatan menyimpang lainnya.

Dari sekian banyak provider yang tersedia di Indonesia, provider kartu 3 juga mewajibkan para penggunanya untuk melakukan pendaftaran nomer sebelum pemakaian. Berikut adalah cara daftar kartu 3 yang benar.

Daftar via sms

a. Untuk pelanggan yang memiliki kartu lama, 

Anda bisa meregistrasikannya dengan cara mengirim sms dalam format: nomor NIK (yang sudah e-KTP)#nomor KK ke nomer 4444.

b. Untuk pelanggan kartu baru yang belum pernah memiliki kartu 3 sama sekali, 

Anda bisa meregistrasikan nomer dengan cara ketik: ULANG#nomor NIK Ektp#nomor KK ke 4444.

Daftar via online

Ketika Anda lebih memilih mendaftarkan nomer 3 yang dibeli melalui sistem online, masuk terlebih dahulu ke situs registrasi.tri.co.id. Saat Anda berhasil membuka website tersebut, masukkan nomer 3 yang akan diregistrasikan, 4 angka terakhir nomer seri ICCID yang ada dibelakang kartu sim, nomer NIK dari eKTP, nomer KK, dan kode rahasia yang terkirim via sms ke nomer yang sedang diregistrasikan.
Cara melakukan registrasi kartu tri prabayar.

Setelah semua sudah dipastikan terisi, kirim atau klik submit. Pada prakteknya, saat Anda menggunakan sistem online, nomer Anda akan langsung teregistrasi dalam hitungan detik dan bisa langsung digunakan tanpa masalah.

Ciri registrasi berhasil

Ketika Anda menggunakan kartu 3 untuk operasional handphone Anda, ketahuilah bahwa setiap NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan 3 nomer saja. Ketika registrasi yang Anda lakukan berhasil, dalam waktu 1x24 jam, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda sudah berhasil melakukan registrasi.

Jika Anda tidak kunjung mendapatkan pemberitahuan, cobalah mengulang cara registrasi yang sudah dilakukan. Umumnya, pemberitahuan registrasi tidak muncul karena ada beberapa masalah, diantaranya:

  • Nomer NIK atau KK yang digunakan untuk registrasi terdata di Dukcapil sebagai nomer data ganda, dimana nomer yang sama digunakan oleh 2 orang atau lebih.
  • Registrasi dilakukan pada saat sistem provider penuh, sehingga terjadi crash data pengguna kartu yang satu dengan kartu lainnya.
  • Ada salah deteksi pada nomer KK yang terdaftar, dimana hal tersebut bisa terjadi ketika nama yang ada didalam KK telah berubah status maupun domisili.
  • Nomer yang teregistrasi dengan nomer NIK dan KK yang sama sudah lebih dari 3 jenis kartu.


Cara cek registrasi

Ketika Anda sudah meregistrasikan nomer kartu 3 yang akan dipakai, Anda bisa mengetahui kebenaran registrasi melalui website resmi 3. Anda tinggal memasukkan nomer NIK dan KK di www.registrasi.tri.co.id untuk mengecek apakah ada nomer lain yang juga menggunakan NIK serupa dari provider yang sama.

Proses registrasi dinyatakan berhasil apabila di layar komputer atau laptop terdapat pemberitahuan bahwa nomer yang akan Anda gunakan sudah tervalidasi. Selain pemberitahuan online umumnya pemberitahuan lain juga akan tetap dikirimkan melalui sms.

Unreg registrasi

Ketika Anda ingin mengganti penggunaan kartu 3 yang lama dengan kartu 3 yang baru dan tentunya dengan nomer yang berbeda, lakukan unreg segera agar nomer baru yang akan diregistrasikan tidak mengalami masalah. Ketika Anda ingin meng-unreg nomer, Anda bisa langsung mengunjungi website Tri.

Pilih menu unreg dan masukkan nomer telpon serta NIK. Tidak lama setelah memasukkan data, Anda akan mendapatkan sms ke handpone yang berisi kode unreg. Masukkan kode tersebut ke kotak kode yang ada didalam website. Karena kode hanya berlaku selama 5 menit, masukkan kode unreg dengan benar dan tidak perlu menunggu lama.

Pada bagian bawah dihalaman yang sama, Anda akan menemukan captcha dan pada teks i’m not a robot, centang kotak yang tersedia. Klik kirim dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan nomer telepon sudah terunregister.

Alasan pelanggan memakai kartu Tri

Jika Anda perhatikan, di kota-kota besar pengguna kartu Tri cukup banyak. Hal ini karena kartu 3 menyediakan banyak keuntungan terutama yang berkaitan dengan paket internet. Berikut adalah beberapa pemanfaatan kartu 3 di masyarakat.

  • Provider Tri menyediakan paket internet super murah dibanding provider lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli kuota internet yang cukup besar.
  • Provider Tri memiliki jaringan yang cukup luas di Indonesia. Dengan demikian Anda bisa memastikan bahwa jaringan internet yang dilayani baik di standar 3G maupun 4G cukup stabil.
  • Paket internet yang dijual provider Tri umumnya tidak memiliki batas masa aktif. Sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mengkombinasi bersama wifi apabila secara kebetulan Anda berada di lokasi yang memasang jaringan wifi.
  • Tidak perlu membeli perdanasetiap kali paket internet habis. Anda hanya cukup membeli satu nomer yang bisa digunakan untuk akses internet, telpon, dan sms.

Apa yang perlu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan kartu 3

Dengan beragam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kartu Tri, setelah mengetahui cara daftar kartu 3, masih ada yang harus Anda perhatikan lagi agar data yang sudah Anda registrasikan tidak disalahgunakan oleh orang lain.

a. Ketika Anda sudah meregistrasikan kartu Tri yang Anda miliki, Anda perlu mendata kartu dari provider mana lagi yang diregistrasi bersama dengan kartu Tri. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa kartu yang sudah diregistrasi hanya 3 kartu saja. Tiga jenis kartu sim yang sudah
Anda registrasi juga hendaknya tidak dipinjamkan atau beralih ke tangan orang lain termasuk keluarga. Dengan begitu, Anda bisa memantau aktivitas yang berlangsung menggunakan kartu tersebut.

b. Apabila pada saat Anda ingin meregistrasikan kartu, Anda takut membuat kesalahan, tidak ada salahnya Anda meminta bantuan petugas counter yang Anda datangi saat membeli nomer. Mintalah bantuan untuk meregistrasikan nomer dengan membawa foto KTP dan KK. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kartu yang akan dipakai sudah teregistrasi dengan benar.

c. Agar kartu sim Tri yang Anda gunakan tidak disalahgunakan untuk tindak kejahatan, pornografi, maupun tindakan salah lainnya, batasi nomer yang disimpan di dalam kartu. Meskipun nomer sudah diregistrasi, Anda bisa menyimpan data nomer telpon kolega atau teman melalui penyimpanan data internal. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pasal penyalahgunaan simcard.

d. Apabila saat registrasi, terdeteksi bahwa nomer NIK atau KK yang Anda miliki adalah nomer keanggotaan ganda. Uruslah segera ke dukcapil terdekat. Perbaiki data ganda yang terdeteksi tersebut agar Anda bisa menikmati fasilitas dari kartu Tri.

e. Pada saat Anda ingin menggunakan kartu Tri untuk akses internet, jangan lupa untuk selalu mengecek sisa kuota yang ada. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengisinya dengan kuota yang sesuai dan menjalankan aktivitas internet seperti sediakala.

Semoga bahasan tentang cara daftar kartu 3  diatas membantu Anda.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar