OK Google Open Camera untuk Hasil Jepretan Sempurna

OK Google Open Camera untuk Hasil Jepretan Sempurna

Saat ini, kita hidup di sebuah era di mana mengambil sebuah gambar atau merekam sebuah video telah menjadi sebuah aktivitas paling wajar dilakukan menggunakan smartphone. Dengan begitu, aplikasi untuk mengedit foto adalah sebuah program yang wajib dimiliki. Bahkan, seorang pengguna bisa memasang bukan hanya 1 aplikasi saja, tapi bahkan 2 atau lebih.

Menemukan aplikasi edit foto tidaklah sulit, apalagi untuk perangkat Android Anda. Sebab, ada banyak pilihan yang bisa Anda temukan di Play Store. Mulai dari aplikasi yang bisa digunakan secara gratis sampai aplikasi berbayar, semuanya ada. Dan jika Anda mencari aplikasi yang tidak hanya bisa untuk mengedit foto, tapi juga dapat digunakan bersamaan dengan fitur kamera, maka OK Google Open Camera adalah pilihan yang jangan sampai terlewat.

Open Camera, Aplikasi Kamera Gratis Berukuran Enteng

Tersedia secara cuma-cuma, aplikasi Open Camera sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna smartphone Android di seluruh penjuru dunia. Dan faktor gratis bukanlah satu-satunya alasan di balik angka itu, apalagi jika Anda memerhatikan rating serta review yang aplikasi ini dapatkan secara keseluruhan.
Keterangan penggunaan open camera dan lainnya.


Apalagi, aplikasi ini berukuran jauh lebih kecil jika dibandingkan aplikasi serupa yang sama populernya. Data dari halaman Open Camera di Play Store menyebutkan bahwa besarnya data yang diunduh pengguna hanyalah seukuran 2 MB. Coba bandingkan dengan ukuran aplikasi populer lainnya yang bahkan bisa menembus angka 20 MB. Jadi, bagi Anda yang menggunakan perangkat Android dengan ukuran RAM atau memori yang relatif kecil, aplikasi ini tidak akan memperberat kinerja smartphone Anda.

Bagaimana dengan fungsionalitasnya? Dengan Open Camera, Anda bisa menikmati fitur-fitur yang juga dapat Anda temukan di aplikasi lain, bahkan aplikasi premium. Selain itu, ada juga sebuah widget untuk Open Camera yang bisa Anda pasang di layar depan (home screen) untuk mengakses aplikasi ini hanya dengan satu sentuhan. Tentunya tombol ini dapat membuat akses untuk menggunakan aplikasi kamera dan edit foto ini semakin praktis, bukan?

Fitur-Fitur di dalam Open Camera

Bagaimana soal fitur yang ditawarkan? Secara keseluruhan, Open Camera berfokus pada apa yang banyak pengguna aplikasi serupa inginkan: menangkap gambar di dalam foto atau video dengan cara yang terbaik.
Tutorial open camera aplikasi.

Karena itulah pengembang aplikasi ini menyediakan banyak opsi yang memperbolehkan para penggunanya melakukan berbagai pengaturan ketika menjepret sebuah foto. Salah satunya adalah pengaturan parameter teknis, seperti white balance, exposure level, ISO number, face detection, antibanding, torch, dan color effects. Selain itu, pengguna juga dapat dengan bebas mengatur resolusi serta ukuran foto serta video yang diambil. Hal ini jelas akan sangat membantu Anda yang memiliki perangkat Android dengan ruang penyimpanan yang ukurannya terbatas.

Selain pilihan pengaturan standar untuk kualitas atau resolusi foto maupun video, aplikasi Open Camera juga menyajikan pengaturan data EXIF yang pengguna bisa tambahkan ke dalam foto atau video yang diambil. Misalnya adalah geolocation, teks, atau tanggal.

Kemudian, masih ada lagi fitur lainnya yang dapat membuat para penggunanya betah menggunakan aplikasi ini: UI atau user interface yang bisa dioptimisasi untuk meningkatkan fungsionalitas serta kenyamanan penggunanya. Misalnya, UI tersebut bisa disesuaikan untuk pengguna kidal. Pengaturan lainnya adalah untuk menjepret gambar hanya dengan menggunakan suara sehingga tidak harus menekan tombol (misalnya dengan berseru, “Cheese!”). Dan masih ada berbagai pengaturan lainnya.

Khawatir suara jepretan mengganggu orang-orang di sekitar Anda? Jangan khawatir! Karena Open Camera sama sekali tidak seperti aplikasi kamera lainnya, apalagi kamera bawaan smartphone Anda. Sebab, Anda bisa dengan bebas mengatur volume suara ketika menggunakan Open Camera, termasuk ketika menekan tombol untuk menjepret foto atau merekam video! Bahkan, suaranya bisa dimatikan total.

Lalu, bagi Anda yang suka selfie, program aplikasi ini juga mendukung kenarsisan Anda. Ada beberapa fitur yang ditawarkan Open Camera untuk menjepret foto selfie, termasuk dukungan screen flash agar hasil foto lebih cerah dan jernih. Dan bagi Anda yang sering merekam video menggunakan smartphone, dukungan untuk mikrofon eksternal juga diberikan sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau-kalau suara Anda tidak terekam.

Berbagai fitur yang ditawarkan bisa jadi tidak dapat bekerja dengan maksimal pada perangkat Android Anda. Sebab, ketersediaan atau penggunaannya bisa jadi bergantung pada fitur kamera yang ada, hardware, versi Android yang digunakan, dan sebagainya.

Menginstall Open Camera

Aplikasi Open Camera dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Tentu saja cara ini adalah cara yang paling aman agar perangkat Android Anda bebas dari malware maupun program lainnya yang dapat mengganggu kinerjanya. Selain itu, aplikasi Open Camera bisa diunduh untuk perangkat yang beroperasi menggunakan minimal Android versi 4.0.3 sampai yang terbaru.

Aplikasi Kamera dan Edit Foto Alternatif Lainnya

Pastinya, Open Camera bukanlah satu-satunya aplikasi yang bisa Anda temukan di Play Store. Tapi, justru karena ada begitu banyak aplikasi yang bisa ditemukan, Anda mungkin kebingungan dan tidak tahu harus mengunduh yang mana. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi serupa yang bisa Anda pertimbangkan untuk install dan gunakan.

1. Google Camera

Aplikasi kamera keluaran resmi dari Google ini menonjolkan layout yang bersih serta kontrol yang sangat intuitif. Bahkan, walaupun Anda bukan seorang fotografer profesional, aplikasi ini tetap terasa mudah dan nyaman untuk digunakan. Berbagai fitur yang tersedia akan mempermudah proses pengambilan gambar maupun video.
Cara menggunakan google camera.

Misalnya, ada Photo Sphere untuk menjepret gambar panorama yang dapat Anda tayangkan dan lihat di aplikasi Google Photo. Fitur ini terutama sangat cocok bagi Anda pengguna smartphone Nexus dan Pixel. Akan tetapi, para pengguna perangkat non-Google masih bisa merasakan kehebatan fitur Google Camera, terutama modus HDR+ yang ditawarkan. Terutama jika smartphone Anda beroperasi menggunakan prosesor Snapdragon 820, 821, atau 835.

2. Camera Zoon FX

Aplikasi yang satu ini mungkin sudah tidak lagi terdengar asing bagi Anda. Sebab, Camera Zoom FX adalah salah satu aplikasi yang terbilang paling lama beredar di pasaran dan selalu diperbaharui untuk kenyamanan para penggunanya. Salah satu keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini adalah berbagai filter yang ditawarkan, meskipun penggunanya juga bisa menggunakan aplikasi ini tanpa filter apapun.
Aplikasi pengganti open camera.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur indikator stabilisasi. Ketika diaktifkan, fitur ini akan menampilkan sebuah lingkaran merah pada layar jika smartphone Anda bergerak atau bergoyang ketika sedang menjepret foto.

3. VSCO Cam

Kalau berbicara soal aplikasi yang sangat populer, VSCO Cam adalah nama yang mungkin paling banyak disebut-sebut. Banyak pengguna yang menyukainya, walaupun aplikasi ini sering disebut tidak user friendly.

Selain menjepret foto dan menyediakan berbagai pengaturan untuk mengedit gambar, Anda juga dapat membagikan hasil jepretan Anda menggunakan VSCO Cam seperti ketika menggunakan Instagram.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar