Cara Mendaftarkan Kartu 3 dengan Tepat dan Manfaatnya

Untuk memenuhi Peraturan Kominfo No. 14 tahun 2017, Anda perlu mengetahui cara daftar kartu 3 memakai Nomor Induk Kependudukan atau NIK pada KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK). Apalagi sejak akhir 2017, pemerintah gencar meminta masyarakat melakukan registrasi ulang. Jika tidak segera dilakukan, nomor Anda terancam tak bisa digunakan karena diblokir.

Cara-cara registrasi bagi pengguna kartu 3 (Tri)

Operator 3 atau Tri seperti provider lainnya mempunyai sejumlah metode registrasi untuk kartu prabayar maupun pasca-bayar. Variasi cara pendaftaran bertujuan untuk memudahkan Anda memasukkan data yang dibutuhkan sekaligus menghindari kepadatan pada opsi-opsi tertentu. Berikut ini beberapa metode registrasi yang dapat diterapkan pengguna kartu prabayar 3.

Kirim SMS ke nomor 4444

Mengirim SMS ke nomor 4444 adalah metode yang direkomendasikan seluruh provider, termasuk 3. Caranya pun mudah dan hanya membutuhkan biaya pengiriman pesan yang murah. Anda yang baru jadi pelanggan 3 bisa mengirim SMS menggunakan format 16 digit NIK#16 digit nomor KK. Sementara itu, bagi pelanggan aktif atau lama dapat memakai format ULANG#16 digt NIK#16 digit nomor KK#.

Melalui akses internet

Jika pulsa SMS sedang kosong, proses registrasi dapat Anda lakukan dengan mengakses situs resmi 3 atau langsung mengunjungi https://registrasi.tri.co.id. Bagi pelanggan baru, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menerapkan cara daftar kartu 3. Antara lain nomor ponsel Tri, NIK, nomor KK, dan empat angka terakhir nomor seri atau ICCID yang tercantum di belakang kartu SIM atau USIM.

Sementara bagi pelanggan aktif atau lama, pendaftaran dapat dilaksanakan dengan memasukan nomor ponsel Tri, NIK, nomor KK, dan kode rahasia sekali pakai yang akan dikirimkan lewat nomor yang Anda hendak daftarkan. Kode tersebut pada umumnya hanya valid selama lima menit. Setelah itu, pelanggan lama pun akan diminta untuk memasukkan ICCID seperti halnya pelanggan baru. Jika ada kendala atau butuh panduan yang lebih jelas, Anda dapat kunjungi gerai resmi terdekat untuk mendapatkan konsultasi dari customer service.

Jika pendaftaran atau registrasi berhasil dilakukan, maka Anda akan mendapatkan ciri-ciri berikut ini:

Mendapatkan SMS pemberitahuan

Apabila Anda melakukan registrasi sesuai langkah-langkah yang diajukan, Anda akan mendapatkan SMS balasan yang menyatakan pendaftaran sukses dilaksanakan. Namun kalau Anda gagal atau tak memperoleh SMS pemberitahuan, ada beberapa alasan lumrah yang kemungkinan melatarbelakanginya. Di antaranya salah memasukkan angka, NIK, nomor KK, kepindahan domisili, atau pemblokiran NIK dan KK oleh pihak Dukcapil Kemendagri yang disebabkan penggandaan data.

Seperti yang telah disarankan, masalah-masalah yang tak bisa Anda selesaikan sendiri sebaiknya segera diadukan ke gerai Tri terdekat. Dengan begitu, Anda akan memperoleh solusi yang tepat dan mengulang cara daftar kartu 3 sesuai arahan. Pastikan Anda juga membawa dokumen yang diperlukan untuk memudahkan prosesnya.

Tidak terus-menerus dikirimi SMS dari 4444

Ciri selanjutnya yang menunjukkan keberhasilan regustrasi adalah tidak dibanjiri SMS dari 4444. Nomor ini telah dirancang untuk mengingatkan pelanggan yang melakukan pendaftaran secara berkala. Anda pun dapat memeriksa sendiri apakah nomor sudah masuk daftar registrasi atau belum. Setiap provider—termasuk Tri—sudah menyediakan beberapa opsi, baik lewat SMS, USSD, dan tautan website.

Cara memeriksa nomor yang sudah teregistrasi

Pemeriksaan terhadap nomor yang telah teregistrasi untuk pelanggan Tri dapat dilakukan dengan mengunjungi tautan  https://registrasi.tri.co.id. Begitu memasuki laman website, pelanggan akan diminta memasukkan data seperti NIK dan nomor KK yang dipakai dalam pendaftaran. Layanan tersebut juga dapat Anda pakai untuk memastikan apakah ada nomor ponsel ‘siluman’ yang memanfaatkan NIK milik Anda. Apabila pelanggan Tri mendapati NIK miliknya disalahgunakan nomor lain yang tidak dikenal, segera laporkan ke gerai Tri untuk meminta proses UNREG terhadap nomor oknum tersebut.

Manfaat dan keuntungan registrasi nomor

Mendaftarkan nomor memang terkesan sepele. Kenyataannya, tahap ini memberikan berbagai benefit maupun keuntungan jangka panjang bagi Anda. Berikut ini manfaat dan kelebihan yang akan diperoleh selepas Anda menerapkan cara daftar kartu 3 dengan tepat.

Mencegah kejahatan atau tindak kriminal

Tak hanya perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan, tetapi juga strategi para pelaku tindak kriminal yang memanfaatkan ponsel sebagai senjatanya. Salah satu aksi yang masih sering dijalankan dan menjaring banyak korban adalah penipuan melalui SMS atau hipnotis saat menelepon target. Selain itu, mereka juga memanfaatkan nomor-nomor dari kartu SIM yang dijual secara bebas dengan harga murah. Namun, ancaman-ancaman tersebut tak akan terjadi kalau Anda mendaftarkan nomor Tri sesuai langkah-langkahnya dengan tepat.
Memudahkan dan memajukan bidang ekonomi
Dalam sejumlah transaksi online, nomor ponsel yang aktif dan sudah teregistrasi dibutuhkan untuk memperlancar proses pembayaran. Mendaftarkan nomor Tri Anda secara tidak langsung memudahkan dan memajukan sektor ekonomi karena rendahnya aduan masalah maupun pembatalan transaksi. Bukan cuma ekonomi, bidang lain seperti sosial juga bakal ikut terbantu. Hal ini akan terlihat dalam acara-acara donasi atau sumbangan kepada warga yang membutuhkan. Biasanya para penyumbang atau donatur hanya ingin mendapatkan informasi dari nomor-nomor tepercaya agar dananya tidak disalahgunakan.

Menghindari penyalahgunaan data pribadi

Sosialisasi registrasi kartu SIM prabayar yang dicanangkan pemerintah sempat diragukan masyarakat luas. Pasalnya, mereka diminta mencantumkan NIK dan nomor KK yang tak jarang disalahgunakan untuk kepentingan komersial yang tak mereka inginkan. Namun, Anda sepatutnya tak perlu mencemaskan hal tersebut. Cara daftar kartu 3 maupun providerlain yang mewajibkan NIK dan nomor KK sudah dijamin pemerintah lewat Undang-undang. Berdasarkan UU No. 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi, operator yang ketahuan memanfaatkan data pelanggannya akan mendapatkan sanksi setimpal.

Membatasi penyebaran berita palsu/hoaks

Selama dua tahun terakhir, penyebaran hoaks atau berita palsu yang meningkat semakin membuat was-was masyarakat luas. Apalagi caranya sudah makin beragam, temasuk melalui pesan singkat. Akan tetapi, sepintar apa pun oknum menerapkannya, mereka tetap dapat dilacak mengingat nomor-nomor yang dipakai biasanya belum teregistrasi secara resmi. Celah tersebut dimanfaatkan pemerintah dan operator yang bersangkutan untuk meringkus pelaku secepatnya. Dengan begitu, hoaks dengan nomor-nomor tak terdaftar dapat dikurangi.

Tidak akan masuk ke daftar pemblokiran

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan, proses registrasi—baik untuk pelanggan baru atau lama—dapat menyelamatkan mereka dari pemblokiran. Jika nomor Anda diblokir, Anda bukan cuma tak dapat melakukan panggilan atau menerima telepon. Kegiatan-kegiatan lain yang menggunakan nomor tersebut otomatis akan terhenti. Kalau sudah begitu, Anda mau tak mau harus membeli nomor baru dan mengganti data-data yang sebelumnya memakai nomor yang telah masuk daftar pemblokiran. Maka dari itu, pastikan Anda daftar ulang sebelum tenggat menyambut.

Demikian informasi seputar cara daftar kartu 3 dan manfaatnya. Mudah-mudahan membantu Anda dalam registrasi nomor!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar