Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Android

Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Android

Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Android – Sering mengalami kondisi layar yang bergerak sendiri? Jika demikian maka anda memerlukan cara khusus agar kondisi layar tersebut menjadi pulih kembali. Layar smartphone yang bergerak-gerak sendiri juga kerap disebut sebagai Ghost Touch. Hal ini mengindikasikan adanya kerusakan atau sistem error yang disebabkan karena masalah tertentu.

Baik itu dari faktor internal maupun eksternal bisa menyebabkan masalah demikian. Ghost touch bisa anda atasi dengan beberapa cara sederhana. Yang terpenting adalah mengetahui penyebab utamanya terlebih dulu.

Bisa jadi masalah error pada layar ini karena charger yang rusak, smartphone yang bekerja terlalu keras, banyaknya aplikasi yang ada di latar belakang, hingga layar smartphone yang rusak. Sebelum pergi ke service center sebaiknya lakukan langkah sederhana terlebih dulu untuk mengetahui penyebab inti masalah layar satu ini.

Nah, bagi anda yang ingin mengatasi masalah ghost touch pada layar android, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa anda coba dalam mengatasinya.
Tutorial untuk Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Android

Berbagai Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Android

1. Reboot smartphone

Pertama-tama cobalah untuk mereboot smartphone anda. dengan demikian ketika ponsel direstart, program yang berjalan akan berhenti secara otomatis. Dan ketika smartphone menyala kembali maka aplikasi akan bekerja normal kembali. Layar smartphone yang bergerak sendiri bisa jadi disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan pada latar belakang sehingga membuat ponsel menjadi error.

2. Ganti charger

Antara masalah ghost touch dengan charger memiliki keterkaitan. Ganti charger atau kabel data smartphone anda. bisa jadi tegangan yang tidak sesuai dengan kebutuhan smartphone membuat terjadinya aliran daya yang diperlukan tidak mencukupi. Hal ini membuat layar smartphone menjadi error. Cobalah ganti charger atau kabel data anda dan cek kembali apakah smartphone berjalan normal kembali atau sebaliknya.

3. Cek ke service center

Penyebab ghost touch juga bisa dikarenakan layar smartphone terkena air atau dalam keadaan kotor. Jika setelah mengganti charger atau merestart smartphone tidak ada perubahannya, cobalah ingat-ingat apakah smartphone anda pernah terpercik air dan debu. Jika masalahnya terjadi karena demikian, segera bawa smartphone ke service center untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Matikan smartphone beberapa saat

Bisa jadi penyebab ghost touch lainnya adalah smartphone terlalu berlebihan dalam menjalankan aplikasi. Hal ini membuat mesin panas dan menyebabkan layar error serta bergerak sendiri. Cobalah istirahatkan sebentar smartphone anda. matikan ponsel dan cabut baterai. Diamkan beberapa menit kemudian pasang dan hidupkan kembali.

5. Matikan option force GPU rendering

Masalah layar bergerak sendiri juga bisa disebabkan karena Force GPU Rendering aktif. Cara mengetahui fitur tersebut aktif atau sebaliknya dengan menghubungkannya dengan PC. Jika layar smartphone bergerak sendiri, masuklah ke mode pengembang kemudian nonaktifkan Force GPU Rendering. Dengan cara tersebut diharapkan smartphone bisa bekerja normal kembali.

Itu dia beberapa cara mudah mengatasi layar smartphone yang bergerak sendiri. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar