cloud_download Download Area !!Download Area Firmware, Driver, dan Tools Gratis

Cara Daftar Kartu Axis Lengkap Dan Mudah

Saat ini pengguna kartu Axis di Indonesia sudah mencapai jumlah yang cukup besar. Apalagi setelah operator seluler ini diakuisi XL Axiata. Sebagai salah satu provider seluler di Indonesia, Axis pun terus berusaha untuk meningkatkan kenyamanan para penggunanya melalui berbagai promo. Namun sama seperti pengguna kartu dari provider lainnya, pengguna kartu AXIS juga wajib untuk melakukan cara daftar kartu Axis atau registrasi kartu mereka.

Mengacu dari Peraturan Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) nomor 12 tahun 2016, serta perubahannya, para pengguna ponsel atau kartu seluler di Indonesia harus melakukan pendaftaran atau registrasi ulang kartu prabayar mereka, termasuk pelanggan Axis. Registrasi ini tentunya bukan tanpa alasan yaitu karena saat ini banyak pengguna kartu yang tidak bertanggung jawab dan menyalahgunakan nomor miliknya untuk melakukan terorisme dan tindakan kriminalitas. Hal ini dilakukan supaya pengguna kartu prabayar dan masyarakat merasa lebih aman dan terlindungi dari kemungkinan tindakan tidak menyenangkan tersebut.

Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Registrasi Ulang Kartu Axis

Bagi Anda para pengguna kartu Axis yang belum mengetahui bagaimana cara daftar kartu Axis atay registrasi ulang kartu prabayar Anda, kali ini kita akan mengulas bagaimana melakukan registrasi tersebut. Namun sebelum melakukan registrasi, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar proses pendaftaran nomor tersebut dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah hal yang perlu disiapkan:

  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tercantum pada kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang terdiri dari 16 digit. NIK juga dapat dijumpa di KK (Kartu Keluarga)
  • Nomor Kartu Keluarga yang terdiri dari 16 digit. Nomor tersebut berada di bagian paling atas Kartu Keluarga
  • Nomor pelanggan kartu prabayar Axis yang akan didaftarkan

Untuk melakukan registrasi , NIK, sesuai dengan KTP valid atau KK yang sudah terdaftar di Ditjen Dukcapil. Bagi para pengguna kartu Axis, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk registrasi ulang kartu prabayar yakni registrasi melalui SMS, registrasi lewat aplikasi My Axisnet, registrasi melalui situs resmi Axis, atau  mengunjungi langsung Gerai Axis yang ada di kota Anda.

Cara Registrasi Kartu Axis Melalui SMS

Untuk cara registrasi kartu Axis baru

yaitu calon pelanggan yang sebelumnya belum pernah mendaftarkan nomornya dapat melakukan registrasi melalui SMS. Caranya,

  1. masuk ke menu pesan atau SMS.
  2. Kemudian ketik sms dengan format berikut: Daftar#NIK#NoKK kemudian kirimkan ke 4444.
  3. Nanti Anda akan mendapatkan balasan.
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya sesuai dengan balasan tersebut.
  5. Biasanya pada nomor baru proses validasi akan berlangsung paling lama 1 x 24 jam.
  6. Contohnya: DAFTAR#3514782703840001#3514782403140003 kemudian kirim ke 4444.

 

Untuk pelanggan kartu Axis yang sudah lama,

 

  1. Anda dapat melakukan registrasi kartu melalui SMS dengan format berikut:
  2. ULANG#NIK#NoKK kemudian kirim ke 4444.
  3. Contohnya ULANG#3514782703840001#3514782403140003.
  4. Pada nomor lama yang pernah diaktifkan, nanti Anda akan mendapatkan balasan SMS pemberitahuan terkait hasil registrasi ulang tersebut.
  5. Jika NIK dan nomor kartu keluarga yang dimasukkan benar, maka SMS balasannya akan memberitahukan kalau Anda sudah berhasil melakukan registrasi.
  6. Jika tidak, SMS tersebut akan menjelaskan bahwa registrasi gagal dan Anda diminta untuk mengulangnya lagi.

 

Cara Registrasi Kartu Axis Dari Aplikasi My AXISNET

My Axisnet merupakan aplikasi yang disediakan oleh Axis untuk memberitahukan promo, pembelian paket internet dan informasi terbaru bagi para pelanggan Axis. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran kartu Axis. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara melakukan registrasi kartu perdana Axis.
  1. Pertama-tama, download aplikasi My Axisnet dari smartphone yang Anda gunakan. Untuk smartphone Android, Anda dapat mengunduhnya dari Google Playstore. Anda tidak akan dikenakan biaya untuk mendownload My Axisnet karena aplikasi ini gratis
  2. Setelah selesai mendownload dan menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi My Axisnet
  3. Saat aplikasi sudah terbuka, akses menu Pengaturan Profil. Setelah itu pilihlah sub menu Daftar Ulang
  4. Kemudian ketikkan nomor KTP (NIK) dan nomor KK. Isi data tersebut sesuai dengan opsi yang tersedia.
  5. Selesai. Anda sudah berhasil melakukan registrasi

 

Cara Registrasi Kartu Axis Dari Web Resmi Axis

Situs resmi Axis tidak hanya menghadirkan informasi terkini mengenai promo dan berita dari provider tersebut tetapi juga menyediakan menu untuk melakukan registrasi kartu prabayar bagi para pelanggannya. Berikut ini adalah langkah-langkah registrasi kartu prabayar Axis dari web Axis

  1. Pertama-tama, Anda dapat mengakses situs resmi Axis yakni Axisnet.id/registrasi
  2. Pada laman yang muncul, ketikkan nomor Axis Anda pada kolom yang sudah disediakan.
  3. Setelah itu pilih menu Verify
  4. Nanti Anda akan mendapatkan SMS dari 4444 berisi kode verifikasi. Kode tersebut hanya berlaku selama 5 menit setelah Anda mendapatkan SMS
  5. Ikuti petunjuk selanjutnya
  6. Selesai

 

Cara Registrasi Kartu Axis Melalui Gerai Axis Terdekat

Jika Anda masih mengalami kesulitan untuk melakukan registrasi dengan ketiga cara di atas, maka cara yang paling mudah adalah melakukan registrasi langsung ke gerai Axis. Anda dapat mengunjungi gerai Axis terdekat yang ada di kota Anda. Nanti Anda akan dibantu oleh operator atau customer service. Mereka akan membantu melakukan pendaftaran untuk nomor Anda. Namun agar lebih mudah, pastikan saat mengunjungi gerai tersebut Anda membawa KTP dan KK.

Demikian beberapa cara pendaftaran kartu Axis yang dapat Anda coba. Sekedar informasi, setiap NIK hanya dapat digunakan untuk melakukan registrasi mandiri maksimal hanya untuk tiga nomor kartu seluler dari setiap provider jaringan telekomunikasi. Jika Anda sudah mendaftarkan 3 nomor, maka proses registrasi dapat dilakukan dengan mendatangi gerai Axis yang terdekat dan membawa KTP serta KK.

Ciri-ciri Nomor Axis yang Sudah Berhasil Melakukan Pendaftaran

Sebenarnya tenggat untuk melakukan registrasi kartu SIM sudah habis saat tanggal 1 Mei 2018 kemarin. Namun bagi pelanggan baru, Anda tentu masih bisa melakukan registrasi untuk kartu yang baru digunakan. Bagi Anda yang belum mengetahui apakah registrasi kartu Axis yang dilakukan berhasil atau gagal, berikut ini adalah ciri-ciri nomor Axis yang sudah berhasil didaftarkan.

Menerima SMS yang Menjelaskan Kartu SIM Berhasil Didaftarkan

Setelah melakukan registrasi, Anda dapat menerima balasan SMS dari 4444 atau operator yang menjelaskan bahwa registrasi kartu Axis telah berhasil. Jika registrasi gagal, ada beberapa hal yang biasanya ditemukan di antaranya adalah pemberitahuan bahwa Anda salah memasukkan nomor NIK, salah nomor KK, nomor KK telah ganti karena pindah domisi, atau nomor KK/ NIK sudah diblokir oleh Dukcapil.

Tidak Mendapat SMS Lagi Dari 4444

Nomor yang belum registrasi biasanya akan terus mendapat SMS secara berkala dari 4444. Dalam periode tertentu, nomor ini memang mengingatkan pelanggan kartu Axis yang belum melakukan registrasi agar segera melakukan registrasi. Jika Anda sudah berhasil registrasi, maka tidak akan ada lagi SMS dari 4444.

Setelah mengetahui ciri-ciri di atas, sekarang Anda tentu semakin yakin apakah proses registrasi kartu Axis berhasil atau gagal. Semoga informasi cara daftar kartu Axis yang dijelaskan di atas dapat memudahkan Anda untuk melakukan registrasi.

No ratings yet.

Please rate this

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *