cloud_download Download Area !!Download Area Firmware, Driver, dan Tools Gratis

Cara Flash Lenovo A6000 dengan Hape dan PC/Laptop

Pemakaian lenovo a6000 flash file dimaksudkan untuk memperbaiki sistem yang error pada tipe hape ini akibat bootloop. Meski dikenal sebagai hape yang cukup canggih dan penggunaannya tak ribet, masalah bootoop kerap tak bisa dihindarkan. Makanya itu, satu-satunya solusi supaya hape bisa kembali berjalan normal adalah dengan melakukan reboot memakai file flash.

Kelemahan Lenovo A6000

Hape yang bootloop kerap dikaitkan dengan spesifikasi dan fiturnya yang kurang memadai. Namun itu bukanlah satu-satunya alasan yang pasti. Beberapa hal seperti kebiasaan pemakaian atau kerusakan yang tak disengaja dapat memicu hape bootloop termasuk Lenovo A6000.

Tipe hape ini sendiri memiliki sejumlah kelebihan sesuai tren kebutuhan dan pemakaian android di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sudah ditunjang oleh fitur dual SIM, lebar layar 5 inchi, resolusi 720 x 1280 piksel, multitouch Lenovo Vibe 2.0, kamera 8 MP dan 2 MP, dan sebagainya. Barangkali karena sistem android KitKat yang masih digunakan sehingga kerap menimbulkan error sementara sebagian besar aplikasi butuh update versi terbaru.

Faktor lain yang diduga menjadi pemicu eror seperti bootloop adalah daya baterai hape ini yang masih kecil dibandingkan rata-rata pemakaian di zaman sekarang. Kapasitas baterai ini cuma sebesar 2300 mAh.

Apa Yang Mesti Dilakukan Jika Lenovo A6000 Mengalami Bootloop?

Yang jelas jangan langsung panik jika tipe hape ini mendadak bootloop atau mati total. Kondisi ini mestinya bisa ditangani dengan menggunakan flash file untuk tipe hape Lenovo A6000. Flash file untuk Lenovo A6000 bisa diperoleh gratis dengan cara mengunduhnya.

Cara mengatasi Lenovo a6000 bootloop.

Bagi yang memiliki hape ini dan beberapa kali melihat tanda-tanda sering eror, segeralah mengunduh dan menyimpan file ini. Karena ada cara langsung untuk melakukan flash tanpa harus dikoneksikan ke PC. Namun bagi yang sudah terlanjur mengalami kerusakan ya harus menggunakan PC untuk memperbaiki sistem yang bootloop.

Jadi, melakukan flash atau reboot hape Lenovo A6000 ini bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu langsung dari hape itu sendiri atau menggunakan bantuan sistem operasional dari PC. Selanjutnya kita uraikan penjabaran dari masing-masing cara tersebut.

Memperbaiki Bootloop Tanpa PC

Siapkan dulu flash file untuk Lenovo A6000 ini. Filenya bisa diunduh langsung dan disimpan ke dalam SD Card hape. Cek apakah file firmware itu sudah benar dan sesuai untuk tipe hape.

  1. Langkah pertama adalah dengan mematikan hape. Kalau kondisinya masih loading, silakan dimatikan dengan cara melepaskan baterai, lalu pasang kembali.
  2. Berikutnya adalah menekan tombol volume naik, turun, dan power bersamaan. Tekan ketiga tombol itu dengan cara menahannya selama beberapa detik sampai layar menyala dan menunjukkan beberapa petunjuk.
  3. Kalau sudah menyala layarnya dengan deretan petunjuk yang dimaksud, lepas ketiga tombol tadi.
  4. Pilih menu wipe data/factory reset. Biasanya fitur touchscreen masih bisa dipakai untuk memilih menu tersebut. Kalau tak berfungsi, gunakan tombol volume untuk mengarahkan ke menu yang ada di layar. Tombol power digunakan untuk fungsi OK.
  5. Pilih menu wipe cache partition lalu menu apply update from SD Card. Carilah file firmware yang sudah disimpan di dalam SD Card tadi. Klik pilihan itu.
  6. Proses instalasi akan berlangsung selama beberapa menit. Selama proses ini berlangsung jangan sampai menekan tombol apapun di hape.
  7. Proses instalasi yang selesai secara otomatis akan mereboot hape. Biarkan proses itu berlangsung.
  8. Instalasi sudah selesai dan tinggal menunggu reboot. Durasi untuk reboot ini lebih lama dari proses instalasi. Kira-kira sekitar 4 sampai 10 menit. Oleh karena itu, jangan buru-buru melakukan apapun dengan hape semisal proses reboot terasa lama.
  9. Jika sudah reboot, layar akan menyala dan home screen muncul. Saat itulah hape Lenovo A6000 akan tampak seperti baru.

Memperbaiki Bootloop dengan PC

A6000 merupakan seri Lenovo yang dirilis sekitar 3 tahun lalu. Wajarlah kalau sekarang mulai terasa eror di sana sini. Dan tidak sadar hape itu tidak menyala sama sekali atau loading boot yang tak pernah selesai. Sedangkan tidak ada file firmware yang tersimpan di dalam memory SD Card. Karena itulah jalan keluar satu-satunya adalah dengan memperbaiki bootlop menggunakan PC.

Persiapan yang dilakukan adalah mengunduh beberapa file yang akan digunakan untuk flash Lenovo A6000. Sejumlah tool dan firmware yang diperlukan adalah:

  • QPST
  • Qualcomm driver download
  • Firmware Lenovo A6000

Jika semua file di atas sudah diunduh, ekstrak masing-masing kalau masih dikompres. Jangan lupa untuk langsung menginstalnya ke PC atau laptop.

Kita lanjutkan ke cara flash Lenovo A6000 dengan PC atau laptop:

  1. Dalam kondisi mati, hape dikoneksikan ke PC atau laptop menggunakan kabel data. Kemudian tekan tombol volume atas dan bawah bersamaan. Jika langkah ini sudah benar dilakukan, di PC atau laptop akan terdeteksi QD-Loader 9008.
  2. Di dalam folder program QPST, silakan buka file QFIL.
  3. Di menu Select Programmer dalam folder firmware Lenovo A6000, cari file bernama prog emmc firehose dan klik.
  4. Selanjutnya klik di menu Load XML dan upload file rawprogram_unspare.xml dan patch.xml yang keduanya juga berada di dalam folder firmware Lenovo A6000. Kemudian klik tombol download.
  5. Proses flash berlangsung selama beberapa menit. Selesainya ditandai oleh pemberitahuan reset phone dan selang beberapa detik hape akan otomatis restart.
  6. Tunggulah selama beberapa menit sampai hape menyala dengan loading booting yang mungkin agak terasa lama. Setelah itu, layar memunculkan tampilan seperti baru dan siap disetting.

Penting Diperhatikan

Melakukan flash di hape Lenovo A6000 sebenarnya sangat mudah. Semua file yang disediakan bisa diunduh gratis dan langsung bisa disimpan ke dalam memory SD Card atau PC/laptop. Tapi melakukan flash ini juga jangan sampai dilakukan tanpa petunjuk yang sesuai.

Disarankan sekali untuk melakukan flash menggunakan PC/laptop? Mengapa? Karena untuk menjaga usia dari hape itu sendiri. Kadang proses flash membutuhkan durasi cukup lama dan menguras daya tahan baterai dan kinerja hardware. Sementara kalau menggunakan PC/laptop akan lebih stabil karena diproses bukan dari hape itu sendiri.

Hal lain yang mesti dipahami adalah proses flash ini adalah untuk mengatasi kerusakan eror dari bootloop atau hape yang tak menyala akibat software. Prinsipnya, di dalam hape itu ada dua penyebab utama kerusakan, bisa karena software dan bisa karena hardware.

Kalau masalahnya disebabkan oleh software, masalahnya masih bisa diatasi dengan cara flash firmware. Cukup beberapa menit bisa mengatasi masalah dan hape akan kembali seperti baru. Sayangnya, beberapa kali proses flash juga berisiko pada usia hardware.

Nah, kalau kerusakannya disebabkan oleh faktor hardware, cara flash tentu sudah kurang memungkinkan berhasil atau bahkan sama sekali tak bisa. Cara mengetahuinya pertama dengan mengecek apakah hape itu masih bisa disambungkan dengan PC atau laptop dalam keadaan mati dan masih bisa dideteksi.

No ratings yet.

Please rate this

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *