cloud_download Download Area !!Download Area Firmware, Driver, dan Tools Gratis

Cara Mengatasi Sinyal Silang pada Asus Zenfone


HP Asus sinyal hilang – Apakah anda mengalami masalah jaringan pada smartphone Asus Zenfone Anda? Adakah cara mengatasi sinyal silang pada asus Zenfone ? Sinyal silang pada Smartphone Asus Zenfone ini biasanya terjadi akibat adanya crash pada sistem operasi android anda. Selain itu dapat diakibatkan karena pengaturan yang tidak tepat.

Biasanya ketika Asus Zenfone anda mengalami masalah diatas, Anda masih tetap dapat menggunakan akses internet namun ketika anda ingin melakukan panggilan keluar akan muncul pesan peringatan “Network is Busy”. Anda pun tidak dapat mengirim pesan atau sms. Tentu hal ini sangat mengganggu, terlebih ketika anda hendak melakukan panggilan keluar. Bila anda sudah melakukan berbagai cara, mulai dari mengotak atik pengaturan hingga restart smartphone tetapi masalah tetap sama anda bisa melakukan cara mengatasi sinyal silang pada Asus Zenfone berikut ini.

 

Permasalahan HP Asus Tidak Ada Jaringan

a. Permasalahan Software

1. Melalui Factory Reset

Salah satu cara mengatasi sinyal silang pada asus zenfone termudah adalah dengan melakukan factory reset default atau reset ulang setelan pabrik. Hal ini memungkinkan anda untuk mengembalikan semua pengaturan seperti pertama kali anda membeli smartphone Asus Zenfone anda. Dengan perintah ini juga akan membuat aplikasi – aplikasi yang anda download sebelumnya akan hilang semua. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada ponsel cerdas anda, salah satunya masalah sinyal silang pada Asus Zenfone. Lantas bagaimana caranya ? berikut langkah – langkahnya

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk pada menu pengaturan / Setelan atau Setting bila anda menggunakan bahasa Inggris.
  2. Langkah selanjutnya, cari dan pilih menu “Buat Cadangan dan Setel Ulang”. Menu ini berfungsi untuk melakukan back up dan restore pada smartphone dengan sistem operasi Android.
  3. Setelah masuk menu “Buat Cadangan Dan Setel Ulang” sekarang anda masuk pada pilihan “Setel Ulang Telpon
  4. Anda cukup mengikuti semua langkah – langkah yang diarahkan, Apabila selesai maka smarpthone android anda secara otomatis akan melakukan restart
  5. Tunggu proses restart selesai dan masalah sinyal pada smartphone android anda sudah hilang.

 

2. Melalui Hard Reset

Kalau factory reset melalui menu setelan sedangkan hard reset melalui menu recovery dengan menekan beberapa tombol tertentu saat menghidupkannya untuk menampilkan menu recovery. Kita ambil contoh hard reset Asus Zenfone 5:

  1. Matikan ponsel Anda
  2. Tekan dan tahan hanya dua tombol saja, yaitu;
    • Tombol Volume Up (+)
    • Tombol Power
  3. Setelah muncul menu recovery asus yaitu DROIDBOOT maka lepaskan semua tombol tadi.
    Tutorial cara hard reset asus t00f manual ada di ponselrusak.com
  4. Nah dalam posisi menu DroidBoot ini ada beberapa opsi untuk recovery Asus Anda dimulai dari cara yang mudah, yaitu;
    • Factory Reset, yaitu anda tinggal pilih factory reset lalu ponsel anda akan restart kemudian melakukan proses wipe data lalu kemudian restart lagi dan selesai.
    • Recovery, yaitu setelah anda memilih Recovery lalu ponsel akan restart lalu masuk ke menu recovery. Anda pilih;
      • wipe data/factory reset lalu Yes — delete all user data
      • tunggu proses wipe selesai
      • pilih lagi wipe cache partition, lalu tunggu proses selesai
      • Selesai
    • Fastboot mode, pada saat masuk ke menu DroidBoot di kiri bawah layar ada tulisan fastboot  yang menandakan ponsel anda sudah dalam posisi fastboot mode.
      • Cara fastboot mode baca artikel Cara hard reset evercoss a5k.
      • Tutor fastboot tersebut walaupun beda merk ponselnya tetapi caranya sama saja, termasuk driver dan toolnya.
  5. Naik turun menu dengan tombol volume up dan down, lalu eksekusi dengan tombol power.

 

B. Permasalahan Hardware

1. Permasalahan di Kartu SIM

Cek dahulu kartu sim anda dengan memasangnya di ponsel lain, mungkin fisik karu sin anda yang sudah mulai rusak sehingga tidak pas ketika dipasang pada slot kaartu sim di asus.

 

2. Permasalahan di Slot SIM

Berikutnya adalah kemungkinan di slot sim, cirinya adalah kartu anda memang tidak terdeteksi sama sekali di ponsel anda yang tentunya sinyal tidak akan muncul sama sekali. Untuk yang sering terjadi adalah soket fleksibel kartu sim renggang atau kotor.

Solusinya adlah dengan membersihkan soket fleksible kartu sim dan memasangkannya kembali dengan pas. Contoh sinyal silang Asus Zenfone 2 Soket SIM Asus Zenfone 2

 

2. Permasalahan di Kabel Antenna

Untuk permasalahan sinyal Asus yang naik turun atau tidak full dan terkadang hilang walapun sudah berada di kota yang dekat dengan tower operator maka yang sering terjadi keruskaan ada di kabel sinyal dari hp Asus ini yang menghubungkan papan pcb atas dengan antenna sinyal yang berada di bawah.

Mungkin karena terjatuh atau karena faktor water damage yang menyebabkan koneksi kabel antenna renggang atau sudah korosi.

Solusinya dengan membersihkan pin penghubung kabel dan antenna, atau disolder ulang. Intinya jangan sampai hubungan pcb atas ke antenna bawah terhalang atau renggang.

Soket Antenna Atas AsusSoket Antenna Bawah Asus

Baca juga : Cara Merapatkan Kesing yang Bautnya Dol

Sangat mudah bukan ? cara mengatasi sinyal silang pada asus zenfone ? Sangat disarankan sebelum melakukan restart anda backup terlebih dahulu file-file penting yang tersimpan pada memori internal anda, karena proses factory reset default ini akan menghapus semua pengaturan berserta file – file yang tersimpan pada memory internal anda. Jadi ketika smartphone anda melakukan restart anda akan kehilangan semua data dan aplikasi yang telah terinstall di smartphone android anda.

Cara ini juga dapat anda lakukan apabila smartphone anda sudah terlalu lemot atau anda ingin mengembalikan pengaturan smartphone anda seperti pertama kali anda membeli. Semoga cara mengatasi sinyal silang pada asus zenfone ini bermanfaat, silahkan di coba.

5/5 (1)

Please rate this

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *